Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Oren Sering Dianggap Pembuat Onar, Ternyata Ini Sifat Aslinya

Kompas.com - 05/01/2022, 16:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Kucing oranye atau yang biasa disebut dengan kucing oren, kerap dianggap sebagai pembuat onar di antara jenis kucing lainnya. Tingkah laku kucing ini selalu saja bikin banyak orang terheran-heran.

Bahkan, baru-baru ini kucing oren bernama Jorts dinilai kurang cerdas dibandingkan kucing lain karena warna bulu oranyenya.

Hal ini pun memunculkan pertanyaan apakah warna bulu kucing memengaruhi kepribadian dan kecerdasan hewan peliharaan ini?

Dijelaskan kepala petugas medis di San Diego Humane Society, Zara Hedge, sains tidak membuktikan teori tersebut.

Hedge mengatakan, mungkin ada beberapa komponen genetik terkait dengan warna bulu yang juga memengaruhi kepribadian dan sifat kucing. Namun, dia mencatat hanya ada sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan hal itu terjadi pada kucing domestik.

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara warna bulu pada mamalia lain dan perilaku mereka, contohnya hewan seperti rubah perak.

Baca juga: Kenapa Kucing Sangat Suka Catnip?

Akan tetapi, terlepas dari stereotip yang melekat pada kucing oren yang dianggap pembuat onar, Hedge menuturkan bahwa hasil studi tersebut belum terbukti pada kucing domestik dengan warna bulu kucing yang bervariasi bahkan dalam ras yang sama.

Dia menegaskan, bahwa kucing tidak bertindak dengan cara tertentu karena warna bulunya.

"Meskipun tidak memiliki bukti kuat yang menghubungkan warna bulu dengan kepribadian, orang cenderung membuat keputusan mengenai kucing mana yang akan diadopsi," ujar Hedge dilansir dari CNET, Minggu (2/1/2022).

Sifat kucing oren pembuat onar

Banyak stereotip mengenai kepribadian kucing oranye yang lain daripada kucing lainnya. Menurut Hedge hal ini tidak sepenuhnya benar.

"Saya sudah melihat dan bekerja dengan ratusan kucing oranye dan melihat berbagai macam tipe kepribadian," kata Hedge.

Dia mengungkapkan, kepribadian dan cara sosialisasi kucing kepada manusia, serta hewan lain dipengaruhi oleh pola asuh yang diajarkan pemiliknya. Sehingga, belum tentu kucing oren maupun kucing warna tertentu dapat dianggap barbar atau pembuat onar.

Baca juga: 5 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com