Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2022, 18:03 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang dikenal setia pada pemiliknya. Selain tingkah lucunya, ternyata kebiasaan suka tidur dan malas, menjadi salah satu keunikan dari sifat kucing.

Bertepatan dengan Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day yang dirayakan setiap tanggal 8 Agustus, peringatan tersebut diadakan untuk meningkatkan kesadaran, tentang makhluk kecil berkaki empat ini.

Telah sejak lama, kucing hidup bersama dengan manusia maka kesadaran tentang kesejahteraan kucing dan pentingnya mengadopsi untuk memastikannya menjalani kehidupan bahagia sangatlah penting.

Sebagian besar dari pencinta kucing pasti mengetahui bahwa mereka adalah salah satu hewan yang sering tidur, dan bersantai sepanjang hari. Oleh sebab itu, kucing kerap kali dijuluki hewan pemalas.

Padahal, kucing adalah makhluk krepuskular yang artinya paling aktif saat senja dan fajar. Sehingga, untuk menghemat energi agar bisa digunakan dalam aktivitas malamnya, kucing suka tidur di siang hari. Itulah mengapa mereka mungkin tampak seperti hewan yang malas.

Berbeda dengan hewan nokturnal yang aktif pada malam hari, hewan krepuskular aktif pada senja dan fajar. Kucing mengerahkan banyak energi selama jam-jam ini, lalu mengisi energi yang hilang untuk digunakan selama waktu aktifnya.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mendengkur? Ini Penyebabnya

Penyebab kucing suka tidur dan malas

Serba-serbi hewan membahas lebih dalam seputar penyebab kenapa kucing memiliki kebiasaan tidur dan selalu malas beraktivitas.

Faktanya, kucing di dalam ruangan dengan sedikit rangsangan dapat merasa bosan, sehingga akan tidur siang karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan.

Berikut penyebab kenapa hewan berbulu ini lebih banyak tidur dan tampak malas.

1. Kucing tidur dengan cara yang berbeda

Dilansir dari laman Animal Path, Selasa (9/8/2022), kucing memiliki dua jenis kondisi tidur yang berbeda, tidur siang ringan dan tidur nyenyak.

Tidur siang ringan adalah cara mereka mengisi ulang energi sambil tetap waspada terhadap keberadaan predator. Sedangkan, tidur nyenyak adalah saat mereka benar-benar rileks.

2. Kucing adalah makhluk yang mandiri

Jika kucing menolak bermain bukan berarti ia malas. Pasalnya, kucing kerap berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan bantuan dari manusia. Hewan ini suka memanfaatkan sumber daya di sekitarnya.

Sehingga, ketika pemilik ingin melakukan sesuatu dan tidak ada respons, kucing mungkin berpikir melakukannya dan tidak akan memberikan keuntungan.

Baca juga: Kenapa Kucing Sphynx Tidak Memiliki Bulu?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com