Astronom Deteksi Sinyal Karbon Dioksida Pertama di Atmosfer Eksoplanet

Kompas.com - 27/08/2022, 09:00 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Untuk kali pertama, para astronom telah menemukan bukti jelas karbon dioksida di atmosfer sebuah planet ekstrasurya atau planet di luar tata surya kita.

Penemuan yang dipublikasikan di Nature menyebutkan bahwa temuan ini bisa dilakukan berkat kekuatan Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) yang memiliki kemampuan dalam pengamatan atmosfer eksoplanet yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Natlie Batalha, profesor astronomi dan astrofisika di University of California Santa Cruz sekaligus ketua tim astronom yang melakukan pendeteksian karbon dioksida, menggunakan JWST untuk mengamati planet bermassa Saturnus yang disebut WASP-39b.

Planet itu mengorbit sangat dekat dengan bintang mirip Matahari dan berjarak sekitar 700 tahun cahaya dari Bumi.

Baca juga: Foto Jupiter dan Cincin Planet Raksasa Ini Tertangkap Teleskop James Webb

"Pengamatan sebelumnya dari planet ini dengan teleskop Hubble dan Spitzer telah memberi kami petunjuk bahwa karbon dioksida memang ada. Lalu data dari JWST mempertegas fitur karbon dioksida," kata Batalha.

Mengutip Phys.org, Jumat (26/8/2022); karbon dioksida adalah komponen penting dari atmosfer planet-planet di tata surya kita, ditemukan di planet berbatu seperti Mars dan Venus serta planet gas raksasa Jupiter dan Saturnus.

Sementara itu bagi para peneliti planet ekstrasurya, keberadaan karbon dioksida itu penting baik di planet berbatu kecil dan juga sebagai indikator kelimpahan keseluruhan elemen berat di atmosfer planet raksasa.

"Karbon dioksida sebenarnya adalah tongkat pengukur yang sangat sensitif dan terbaik yang kita miliki untuk elemen berat di atmosfer planet raksasa. Jadi fakta bahwa kita dapat melihatnya dengan sangat jelas adalah hal yang luar biasa," kata Jonathan Fortney, rekan penulis studi.