Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teleskop James Webb Ditabrak Batu Luar Angkasa, NASA Cari Cara Kurangi Dampaknya

Kompas.com - 20/07/2022, 08:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com- Laporan Space Telescope Science Institute menyebut batu luar angkasa atau mikrometeorid yang menabrak Teleskop Luar Angkasa James Webb akhir Mei lalu dapat menyebabkan kerusakan permanen pada teleskop.

Laporan bahwa batu luar angkasa menabrak teleskop James Webb tersebut telah dipublikasikan pekan lalu oleh NASA dan Badan Antariksa Eropa serta Kanada.

Menurut analisis, untuk satu mikrometeorid dampaknya disebut melebihi ekspektasi kerusakan yang terjadi sebelum peluncuran teleskop.

Tim James Webb pun sekarang tengah mempelajari cara memprediksi dan mengurangi dampak tabrakan serupa di masa depan.

Dikutip dari Gizmodo, Selasa (19/7/2022) mikrometeorid adalah potongan-potongan batu luar angkasa yang melintasi ruang angkasa.

Baca juga: Batu Luar Angkasa Tabrak Teleskop Luar Angkasa James Webb

Saat mengorbit Bumi, batuan itu bahkan dapat mencapai kecepatan hingga 35.405 Km per jam dan merupakan bahaya reguler bagi astronot, satelit, dan wahana antariksa. Mei lalu, batu luar angkasa tabrak teleskop James Webb.

Pada awal Juni, rilis NASA menyatakan bahwa antara 23 Mei dan 25 Mei mikrometeorid telah berdampak pada salah satu cermin heksagonal teleskop Webb.

Kendati demikian, laporan baru memperkirakan dampak sebenarnya terjadi antara 22 Mei dan 24 Mei.

"Kami selalu tahu bahwa Webb harus menghadapi lingkungan luar angkasa, yang meliputi sinar ultraviolet yang keras dan partikel bermuatan dari Matahari, sinar kosmik, dan serangan mikrometeorid di Tata Surya kita," kata Paul Geithner, manajer proyek deputi teknis Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

Cermin teleskop James Webb sendiri disejajarkan dengan cermat untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi dari sumber cahaya yang sangat redup di alam semesta yang jauh.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa James Webb Tangkap Gambar Jupiter dan Bulannya, Begini Penampakannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com