Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teleskop Luar Angkasa James Webb Tangkap Gambar Jupiter dan Bulannya, Begini Penampakannya

Kompas.com - 15/07/2022, 17:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim peneliti dari Teleskop Luar Angkasa James Webb, baru-baru ini mengungkapkan foto penuh warna pertama alam semesta. Salah satu yang menarik di antaranya potret gambar Jupiter dan bulannya.

Foto-foto Jupiter dan beberapa bulan planet terbesar di Tata Surya itu berhasil diabadikan dengan cantik oleh teleskop James Webb dan dibagikan pada 13 Juli 2022.

Kumpulan foto alam semesta dan beberapa benda langit tersebut diambil ketika teleskop James Webb sedang dalam pengujian. Foto teleskop James Webb menampilkan planet Jupiter dan cincinnya, serta tiga Bulan antara lain Europa, Thebe, serta Metis.

Anda juga dapat melihat bayangan Europa yang berada di sebelah kiri, tepat di sebelah bintik merah raksasa yang bergejolak pada Jupiter.

Dilansir dari Science Alert, Rabu (13/7/202) foto planet Jupiter dan Bulan di sekitarnya diambil oleh Kamera Near-Infrared JWST (NIRCam), menggunakan dua filter berbeda yang menyoroti panjang gelombang cahaya yang terpisah.

Baca juga: Foto Alam Semesta Teleskop James Webb dan Hubble NASA, Ini Perbedaannya

Lebih dari sekadar menangkap gambar-gambar menakjubkan alam semesta, namun salah satu bagian dari tes yang dilakukan tim adalah memastikan bahwa Teleskop Luar Angkasa James Webb dapat melacak objek yang bergerak cepat di Tata Surya.

Sehingga, alat tersebut memotret sembilan target di mana Jupiter adalah objek yang paling lambat bergerak tetapi menunjukkan salah satu pemandangan yang paling menakjubkan.

Tes itu juga membuktikan bahwa James Webb dapat digunakan untuk memotret detail seperti Bulan dan cincin di sekitar planet seterang Jupiter.

"Mengamati planet yang terang dan satelit serta cincinnya diharapkan menjadi tantangan, karena cahaya yang tersebar yang dapat mempengaruhi instrumen sains yang digunakan, tetapi juga sensor pemandu yang baik harus melacak bintang pemandu di dekat planet yang cerah," tulis ilmuwan dalam laporan terbarunya.

Adapun laporan komisioning yang menunjukkan potret gambar Jupiter yang diabadikan Teleskop Luar Angkasa James Webb itu, dirilis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Badan Antariksa Eropa (ESA), dan Badan Antarika Kanada (CSA) pada 12 Juli 2022 lalu.

Baca juga: 5 Foto Berwarna Alam Semesta dari Teleskop Luar Angkasa James Webb

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com