Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teleskop James Webb Rilis Foto Berwarna Pertama Alam Semesta

Kompas.com - 13/07/2022, 13:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teleskop Luar Angkasa James Webb resmi membagikan foto berwarna pertama alam semesta.

Gambar alam semesta paling detail yang pernah ditangkap itu diresmikan oleh NASA dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Foto itu juga merupakan gambar baru yang belum pernah ada sebelumnya dari wilayah luar angkasa yang disebut SMACS0723, medan terdalam dari alam semesta.

Dikutip dari Live Science, Selasa (12/7/2022) foto spektakuler yang kemudian dinamakan 'Webb's First Deep Field' ini menangkap alam semesta kita hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang, tepat ketika galaksi mulai terbentuk dan cahaya mulai berkelap-kelip dari bintang pertama.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa James Webb Segera Rilis Hasil Foto Berwarna Pertamanya, Catat Waktunya

Cahaya bintang pertama tersebut membutuhkan waktu sekitar 13,5 miliar tahun atau sebagian besar usia alam semesta, untuk kemudian bisa ditangkap oleh Teleskop Luar James Webb.

"Kita akan kembali ke 13,5 miliar tahun. Dan karena kita tahu alam semesta berusia 13,8 miliar tahun, kita hampir kembali ke awal," kata Bill Nelson, administrator NASA dalam konferensi pers.

Ia menambahkan, bahwa teleskop memiliki kemampuan yang sangat tepat, sehingga bisa melihat apakah sebuah planet layak huni atau tidak.

Selain itu bagaimana James Webb menangkap alam semesta yang belum pernah dilakukan sebelumnya, akan memungkinkan para ilmuwan untuk menemukan berbagai jawaban dari pertanyaan alam semesta yang belum terpecahkan.

"100 tahun yang lalu kami mengira hanya ada satu galaksi. Sekarang jumlahnya tak terbatas. Dan di galaksi Bima Sakti, kami memiliki miliaran bintang sementara ada miliaran galaksi dengan miliaran bintang," ungkap Nelson.

Pemegang rekor sebelumnya yang mampu menangkap bagian terdalam dan tertua ke luar angkasa adalah Teleskop Luar Angksa Hubble.

Serangkaian bidang gambar dalam menunjukkan bagaimana,beberapa ratus tahun setelah Big Bang, galaksi-galaksi bintang berkilauan telah menyatu di alam semesta muda.

Baca juga: Bintang-bintang Muda di Alam Semesta, Siap Diburu Teleskop James Webb

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com