Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Ketumbar, Biji dan Daunnya Sama-Sama Kaya Khasiat

Kompas.com - 12/07/2022, 16:29 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comKetumbar adalah rempah yang tidak hanya sedap, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ketumbar sering dikonsumsi biji dan daunnya untuk dicampur ke dalam berbagai masakan. Dari bentuk daunnya, kita dapat mengetahui bahwa pohon ketumbar satu keluarga dengan wortel dan seledri.

Berikut ini adalah manfaat ketumbar untuk kesehatan yang jarang diketahui orang.

1. Menurunkan gula darah

Ketumbar mampu mencegah dan mengontrol diabetes tipe 2 karena mampu menurunkan gula darah. Studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi biji ketumbar mampu menurunkan gula darah yang efeknya hampir sama dengan salah satu obat gula darah, yaitu glibenklamid.

2. Kaya akan antioksidan

Ketumbar kaya akan antioksidan, seperti quercetin dan tocopherol. Keduanya merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk mencegah kanker, meningkatkan imun tubuh, melindungi sel saraf, serta melawan radikal bebas.

Bahkan sebuah studi di laboratorium menunjukkan ekstrak biji ketumbar memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus.

3. Mengatasi masalah saluran pencernaan

Ketumbar sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit saluran pencernaan, seperti iritasi usus besar, konstipasi, diare, dan perut kembung.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ketumbar membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan dua cara, yaitu sebagai agen diuretik dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Ketumbar bisa membantu tubuh mengeluarkan kelebihan sodium dan air dalam darah sehingga tekanan darah menurun.

5. Mengurangi kecemasan

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar memiliki efek yang hampir sama dengan diazepam untuk mengurangi kecemasan. Namun, butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini pada manusia.

Baca juga: Khasiat Ketumbar untuk Wanita

6. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang disebabkan oleh penuaan sel saraf pada otak, sehingga mengganggu memori otak. Daun ketumbar kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan rusaknya sel-sel saraf.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com