Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Dini Gelombang Sangat Tinggi Capai 6 Meter Hari Ini

Kompas.com - 12/07/2022, 08:15 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Hari ini, Selasa (12/7/2022) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang sangat tinggi yang bisa mencapai ketinggian 6 meter.

Peringatan dini gelombang laut tinggi ini berpeluang terjadi hari ini sampai besok, 12-13 Juli 2022 di sejumlah wilayah perairan Indonesia.

Adapun disebutkan BMKG, dikeluarkannya potensi gelombang laut tinggi ini karena pengaruh pola dan kecepatan angin.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Selatan - Barat dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

Sedangkan, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot. 

Baca juga: Peringatan Dini Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Akibat Bibit Siklon Tropis 90W

Sementara itu, peringatan dini potensi gelombang tinggi yang diakibatkan kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, perairan selatan Jawa - NTT, perairan Kepulauan Sermata - Kepulauan Tanimbar, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan ketinggian gelombang air laut dalam dua hari ke depan, berkisar antara 1,25 hingga 6 meter.

Berikut daftar waspada potensi gelombang tinggi di Indonesia pada 12-13 Juli 2022.

Gelombang tinggi 1,25-2,50 meter

Gelombang tinggi kategori sedang berpeluang terjadi di Selat Malaka, Perairan  timur Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Laut Natuna Utara, Perairan utara Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Perairan utara Jawa Timur.

Selain itu, peringatan dini gelombang tinggi hari ini kategori sedang juga berlaku di wilayah Laut Bali, Selat Lombok bagian utara, Selat Makassar bagian selatan, Laut Sumbawa, Perairan Kepulauan Sabalana hingga Kepulauan Selayar, Laut Flores, perairan Wakatobi, perairan Manui - Kendari, Laut Sawu bagian utara, Selat Ombai, Perairan selatan Sulawesi Utara, Perairan Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian selatan, dan Perairan selatan Kepulauan Sula.

Baca juga: Peringatan Dini Waspada Gelombang Laut Sangat Tinggi Capai 6 Meter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com