Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Alam Semesta Teleskop James Webb dan Hubble NASA, Ini Perbedaannya

Kompas.com - 14/07/2022, 19:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- NASA merilis foto-foto alam semesta hasil bidikan Teleskop Luar Angkasa James Webb yang dibandingkan dengan foto yang diabadikan oleh teleskop Hubble. Perbedaan foto luar angkasa yang diambil kedua teleskop canggih ini pun menarik perhatian ilmuwan.

Untuk pertama kalinya, hasil foto alam semesta diabadikan dengan penuh warna oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. 

Namun, jika dibandingkan dengan hasil foto yang dibidik Teleskop Luar Angkasa Hubble, maka tampak perbedaan di antaranya.

Foto penuh warna pertama alam semesta ini, merupakan hasil tangkapan layar Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA.

Gambar alam semesta paling detail yang pernah ditangkap itu diresmikan oleh NASA dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Foto itu juga merupakan gambar baru yang belum pernah ada sebelumnya dari wilayah luar angkasa yang disebut SMACS0723, medan terdalam dari alam semesta.

Dikutip dari Live Science, Selasa (12/7/2022) foto spektakuler yang ditangkap teleskop James Webb ini kemudian dinamakan 'Webb's First Deep Field' .

Tangkapan layar foto alam semesta Teleskop Luar Angkasa James Webb. Gambar penuh warna yang diabadikan teleskop James Webb.NASA, ESA, CSA, STScI, Webb ERO via THE VERGE Tangkapan layar foto alam semesta Teleskop Luar Angkasa James Webb. Gambar penuh warna yang diabadikan teleskop James Webb.

Baca juga: 5 Foto Berwarna Alam Semesta dari Teleskop Luar Angkasa James Webb

Foto teleskop angkasa James Webb ini menangkap alam semesta kita hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang, tepat ketika galaksi mulai terbentuk dan cahaya mulai berkelap-kelip dari bintang pertama.

Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) adalah teleskop kelas terbaik terbaru di dunia teleskop luar angkasa.

Teleskop ini memiliki cermin terbesar, teknologi terbaru, dan bermain dalam mode keras yakni hampir satu juta mil jauhnya dari Bumi.

Dengan begitu, teleskop yang satu ini mampu mengintip ke jangkauan terjauh semesta.

Sebagai informasi, sebelum adanya teleskop James Webb, NASA mengandalkan Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk menangkap gambar apa yang ada di alam semesta, mulai dari planet, bintang, galaksi, nebula dan begitu banyak keajaiban astronomi lainnya yang benar-benar indah.

Teleskop Hubble telah diluncurkan pertama kali pada tahun 1990. Dalam 32 tahun terakhir, teleskop ini telah melakukan 1,5 juta pengamatan dan mengeluarkan lebih dari 19.000 makalah ilmiah.

Foto-foto alam semesta teleskop Hubble telah dipelajari dan dari pengamatan hasil bidikan teleskop luar angkasa ini, maka para peneliti pun bisa belajar dan membandingkan apa yang sebenarnya terjadi di alam semesta ini nantinya.

Baca juga: Teleskop James Webb Rilis Foto Berwarna Pertama Alam Semesta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com