Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Operasi Bypass Jantung untuk Pasien Penyakit Jantung Koroner

Kompas.com - 14/07/2022, 07:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Dalam kondisi tertentu, salah satu cara untuk menangani orang dengan penyakit jantung koroner (PJK) adalah dengan melakukan tindakan operasi bypass jantung.

Apa itu operasi bypass jantung?

Operasi bypass jantung adalah sebutan lain dari tindakan Operasi Bedah Pintas Jantung (Coronary Artery Bypass Graft/CABG).

Operasi bypass jantung merupakan tindakan operasi yang dilakukan pada penderita penyakit jantung koroner.

Untuk diketahui, Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah suatu kondisi pada jantung di mana terjadi sumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah arteri koroner, baik dengan atau tanpa riwayat serangan jantung sebelumnya.

Operasi bedah bypass jantung (CABG) yang dikerjakan di RS Jantung Diagram bisa dilakukan secara on pump (dengan alat Mesin Jantung Paru/ Heart Lung Machine) maupun off pump (tanpa alat Mesin Jantung Paru).

Keuntungan operasi bedah bypass jantung secara off pump adalah pemulihannya lebih cepat dan efek samping pada otak yang minimal.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pasien Jantung Koroner Masih Boleh Operasi

Tujuan utama operasi bypasss jantung

Orang yang terindikasi penyakit jantung koroner biasanya memiliki tanda dan gejala khas yakni keluhan rasa tidak nyaman di dada atau nyeri dada (angina) yang berlangsung selama lebih dari 20 menit saat istirahat atau saat aktivitas yang disertai gejala keringat dingin atau gejala lainnya seperti lemah, rasa mual dan pusing.

Beberapa gejala yang kerap dirasakan oleh orang dengan PJK lainnya yakni tertekan di daerah dada, rasa terbakar, nyeri dada, rasa berat di dada, rasa mual atau nyeri di ulu hati.

Dokter Ahli Bedah Jantung di RS Jantung Diagram Siloam Hospitals Group, Dr Heston G.B. Napitupulu, SpBTKV(K)-D mengatakan, pada kondisi tertentu, operasi jantung ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk meningkatkan kualitas hidup pasien penyakit jantung koroner.

Tujuan dilakukannya tindakan operasi bypass jantung atau CABG yakni untuk membuat revaskularisasi atau untuk memperbaiki sirkulasi darah pada otot jantung dengan membuat saluran pintas pada pembuluh darah yang tersumbat atau menyempit.

Saluran pintas yang dipasang atau dicangkokkan pada pembuluh darah jantung tersebut, diambil dari pembuluh darah vena dari kaki atau lengan atau dinding dada.

“Tindakan (operasi) bypass jantung memberikan aliran darah yang baru, karena ada aliran darah yang tersumbat,” kata Heston dalam diskusi daring bertajuk “Penanganan Operasi Bypass Jantung yang Cepat dan Tepat, RS Jantung Diagram (Siloam Cinere)”, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Alasan Antrian Operasi Jantung Anak di Harapan Kita Capai 1.100 Orang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com