Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lucinta Luna Operasi Potong Leher, Apakah Jakun Akan Benar-benar Hilang?

Kompas.com - 08/07/2022, 08:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Healthline


KOMPAS.com- Lucinta Luna telah melakukan operasi potong lehar, dengan maksud membuat suaranya merdu tanpa ada gangguan suara dari jakunnya. Namun, apakanh jakun akan benar-benar hilang setelah dioperasi?

Lucinta Luna operasi pemotongan leher ini, disampaikannya langsung melalui akun Instagram resminya @lucintaluna_manjalita, Kamis (7/7/2022).

Ia mengunggah video yang memperlihatkan kepala sampai lehernya yang penuh dengan perban, dan beberapa sisinya terlihat masih ada ceceran darah.

“Ratu kuattt Ratu kuattt Ratu 9nyawa… semenjak pasca op pemotongan leher inih rada sulit utk menelan makanan. yukk bisa yukk sedikit2 suapin aku makan biar cepet pulih dan bisa bicara merdu lagi tanpa Khodam membandel,” tulis Lucinta Luna dikutip Kompas.com pada Kamis (7/7/2022).

Operasi pemotongan leher yang dimaksudkan oleh Lucinta Luna itu dalam dunia medis disebut dengan Chondrolaryngoplasty atau Trachea Shave (pemotongan trakea).

Dikutip dari HealthLine edisi 24 November 2020, memotong atau mencukur trakea adalah jenis operasi feminisasi wajah yang digunakan untuk mengurangi ukuran jakun. Operasi ini dapat dilakukan pada wanita trans, orang trans non-biner, dan wanita cigender.

Baca juga: Mengenal Teknik Operasi Plastik hingga Risikonya

Lalu, apakah benar operasi potong leher untuk menghilangkan jakun yang dilakukan Lucinta Luna itu bisa membuat jakun hilang seutuhnya?

Jakun adalah tonjolan di tengah tenggorokan yang terbuat dari tulang rawan tiroid. Dinamakan jakun karena letaknya tepat di atas kelenjar tiroid.

Seperti yang dituliskan oleh Lucinta Luna dalam unggahannya itu, dirinya berharap dengan dilakukannya operasi pemotongan leher, maka khodam atau merujuk kepada jakun yang ada di lehernya bisa hilang seutuhnya.

Dengan begitu, kata dia, suaranya akan merdu tanpa khawatir terganggu lagi dengan jakun yang membuat suaranya seringkali membesar seperti seorang laki-laki pada umumnya.

Namun, disebutkan bahwa dalam beberapa kasus, jakun yang sangat besar tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, atau berkurang secara signifikan.

Seorang ahli bedah pengalaman akan dapat menilai hasil yang dapat diharapkan secara lebih realistis.

Operasi jakun Lucinta Luna, atau operasi potong leher dikenal juga sebagai operasi Trachea Shave atau pemotongan trake. 

Baca juga: Maia Estianty Menjalani Operasi Batu Empedu, Ketahui Gejala dan Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com