Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maia Estianty Menjalani Operasi Batu Empedu, Ketahui Gejala dan Penyebabnya

Kompas.com - 23/04/2022, 15:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Aktor sekaligus penyanyi Al Ghazali mengumumkan bahwa ibunya, Maia Estianty akan menjalani operasi batu empedu. Lantas, apa saja penyebab dan gejala penyakit batu empedu yang bisa dipelajari dari kasus yang dialami Maia Estianty ini?

Al Ghazali, anak sulung Maia Estianty dari pernikahannya dengan Ahmad Dhani pun meminta doa agar operasi batu empedu yang dijalani ibunya itu berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Besok bunda mau operasi batu empedu… doain semoga lancar ya :)” tulis Al Ghazali dalam keterangan tertulis di akun @alghazali7 yang diunggah pada Kamis (21/4/2022).

Diceritakan, pada awalnya penyanyi sekaligus produser musik Maia Estianty ini mendapatkan pengobatan untuk Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) untuk gejala sakit perut yang kerap ia rasakan.

Namun, sakit yang dirasakan istri Irwan Mussry ini tidak kunjung hilang.

Oleh karena itu, Maia Estianty menemui seorang dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari tahu lebih lanjut kondisi sakit yang dialaminya.

Baca juga: Maia Estianty Operasi Batu Empedu, Penyakit Apa Itu?

Dari dokter spesialis penyakit dalam yang memeriksanya, Maia Estianty didiagnosis menderita penyakit batu empedu atau cholelithiasis, dan disarankan untuk menjalani operasi. 

Ukuran batu empedu yang hampir mencapai 2 cm itu terletak di bagian leher kantong empedu, sehingga menyebabkan Maia Estianty merasakan sakit yang luar biasa.

“Dia sakit, enggak enak banget karena di pintu saluran, mau masuk saluran enggak bisa karena batunya besar,” kata dokter spesialis penyakit dalam, Tjhang Supardjo kepada Maia Estianty dalam vlog Maia AlElDul TV.

Batu empedu adalah endapan dari cairan sisa pencernaan yang mengeras dan terbentuk di dalam kandung empedu.

Sementara, kandung empedu adalah organ kecil yang berbentuk seperti buah pir dan berada tepat di bawah hati.

Pada umumnya, keberadaan batu empedu di dalam kandung empedu dapat menyumbat saluran kandung empedu dan menimbulkan rasa sakit pada perut. Akibatnya, prosedur operasi batu empedu Maia Estianty pun harus dijalaninya.

Baca juga: Maia Estianty 2 Kali Positif Covid-19, Mengapa bisa Tertular Lagi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com