Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19, Pasien Jantung Koroner Masih Boleh Operasi

Kompas.com - 15/06/2020, 18:37 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ahli mengingatkan bahwa orang dengan penyakit jantung koroner masih diperbolehkan melakukan tindakan CABG, sehingga tidak perlu menundanya.

Hal itu disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular Siloam Hospital Kebon Jeruk, dr Maizul Anwar SpBTKV.

Dipaparkan oleh Maizul, pada kasus-kasus di mana pasien telah memasang stent dan tidak dapat diulang lagi meski memerlukannya, dunia medis memiliki solusi bernama Coronary Artery Bypass Graft (CABG).

CABG adalah prosedur tindakan bedah dengan membuat pembuluh darah baru atau biasa disebut bypass pada penyakit jantung koroner.

Baca juga: Kenali Olahraga Aman untuk Orang dengan Penyakit Jantung

Pembuluh darah baru tersebut nantinya akan melintasi pembuluh darah jantung yang menyempit dengan menggunakan pembuluh darah dari bagian tubuh lain. Seperti, arteri di dada, lengan, dan pembuluh vena dari kaki.

Tindakan CABG dapat dilakukan dengan menggunakan dua teknik, yaitu:

1. Menggunakan mesin jantung paru konvensional (on pump)

2. Menggunakan mesin jantung paru (off pump)

Kedua tindakan itu, kata Maizul, masih bisa dilakukan di beberapa rumah sakit selama masa pandemi Covid-19 ini jika menjalankan protokol kesehatan bagi pasien dan tenaga medis.

"Ya untuk memastikan keamanan dan kesehatan bersama," kata Maizul dalam diskusi daring bertajuk Operasi Jantung di Masa Pandemi, Sabtu (12/6/2020).

Baca juga: Henti Jantung dan Serangan Jantung, Benarkah Selalu Sebabkan Kematian?

Ada pun protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh pasien sebelum jadwal operasi, yaitu proses skrining dan pemeriksaan laboratorium Covid-19.

"Dengan menjalankan protokol dan skrining kesehatan sebelum tindakan operasi dilakukan," ujar dia.

Maizul menegaskan, masyarakat tidak perlu menunda atau merasa takut untuk menjalani operasi jantung karena kesehatan jantung adalah kondisi kesehatan yang harus segera ditangani secara cepat dan tepat.

Salah satu rumah sakit yang masih menjalankan operasi untuk pasien jantung koroner adalah di Siloam Hospitals Kebon Jeruk dan jaringannya.

Protokol kesehatan tidak hanya dilakukan oleh pasien saja; dokter, petugas kesehatan dan staf lainnya di rumah sakit juga dilakukan skrining dan pemeriksaan Covid-19 secara berkala untuk memastikan keamanan staf dan pasien yang dilayani.

Baca juga: Laporan Terbaru, Virus Corona Juga Berpotensi Rusak Ginjal dan Jantung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com