Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Jupiter dan Cincin Planet Raksasa Ini Tertangkap Teleskop James Webb

Kompas.com - 24/08/2022, 18:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - James Webb Space Telescope (JWST) atau Teleskop Luar Angkasa James Webb berhasil menangkap foto yang menakjubkan dari planet Jupiter. Tampak teleskop NASA ini mengabadikan Bulan dan cincin planet raksasa ini.

Foto planet Jupiter yang dibagikan NASA pada 22 Agustus 2022 lalu itu, menampilkan planet tersebut bersinar dengan cahaya di kutub-kutubnya disertai awan berkilauan.

Kedua gambar adalah komposit, yang berarti ahli menggabungkan beberapa gambar yang diambil dengan Near Infrared Camera (NIRCam) teleskop, masing-masing menggunakan filter yang berbeda, menjadi satu gambar kualitas tinggi.

Dalam beberapa foto Jupiter yang dibagikan, terdapat dua bulan milik Jupiter yakni Amalthea dan Adrastea.

Tampak pula cincin samar Jupiter bersinar seperti lingkaran cahaya. Di belakang benda langit tersebut, ada titik-titik cahaya redup yang diduga merupakan galaksi.

Baca juga: NASA Bagikan Foto 2 Bulan Milik Jupiter, Seperti Apa?

"Sejujurnya, kami tidak benar-benar mengharapkannya (foto planet Jupiter) menjadi sebagus ini," ujar astronom planet Imke de Pater, profesor emerita dari University of California, Berkeley seperti dilansir dari Live Science, Selasa (23/8/2022).

"Sungguh luar biasa bahwa kita dapat melihat detail Jupiter bersama dengan cincinnya, satelit kecil, dan bahkan galaksi dalam satu gambar," lanjutnya lagi.

Foto-foto Jupiter, merupakan bagian dari upaya pengamatan yang dipimpin oleh de Pater dan Thierry Fouchet, seorang profesor di Observatorium Paris.

NIRCam pada teleskop James Webb menangkap foto planet Jupiter, kemudian diubah menjadi warna yang terlihat oleh mata manusia.

Baca juga: Foto Baru Jupiter Ungkap Dinamika Atmosfer di Planet Terbesar Ini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com