Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2021, 20:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Space


KOMPAS.com- Siapa yang tak kenal dengan planet terbesar di Tata Surya ini, Jupiter. Foto baru yang ditangkap teleskop Hubble NASA menunjukkan detil atmosfer planet Jupiter.

Visual planet ini memang menarik dibandingkan beberapa planet lainnya yang ada dalam Tata Surya kita.

Dilansir dari Space, Rabu (12/5/2021), ketiga gambar Jupiter menunjukkan badai super yang ada di planet ini.

Foto yang baru ditangkap oleh teleskop luar angkasa Hubble dan observatorium Gemini North di Hawaii mengungkapkan secara jelas dari bentuk atmosfer yang menyelimuti Jupiter.

Gambar tersebut ditangkap dengan panjang gelombang yang berbeda, yang membantu para ilmuwan mencari tahu apa yang mendorong pembentukan badai gas super di planet Jupiter.

Para ilmuwan telah rampung memproses gambar tersebut, yang ditangkap dalam panjang gelombang inframerah hingga ultraviolet.

Baca juga: Punya Kesamaan dengan Matahari, Kenapa Jupiter Bukan Bintang?

 

Selanjutnya, foto baru planet Jupiter ini kemudian dapat dianalisis yang memungkinkan untuk diperbandingkan dari berbagai pandangan awan di atas raksasa gas.

Penampilan planet yang berubah dalam gelombang yang berbeda memungkinkan para astronom memperoleh wawasan baru tentang perilaku atmosfer Jupiter.

Anehnya, menurut peneliti, terdapat Great Red Spot, yang menunjukkan badai super raksasa yang bertahan di selatan ekuator planet Jupiter.

Titik merah tersebut tampak sangat jelas, terlihat dalam panjang gelombang cahaya tampak dan ultraviolet, tetapi hampir menyatu dengan gelombang cahaya inframerah di latar belakangnya.

Dari perbandingan antara ketiga jenis panjang gelombang pada foto baru Jupiter itu, menunjukkan bahwa daerah gelap yang mewakili Great Red Spot pada citra inframerah lebih besar daripada bentul oval merah yang sesuai pada citra visible.

Baca juga: Potret Terbaru Jupiter, Citra Terjelas yang Pernah Diambil Manusia

Halaman:
Sumber Space
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com