Teleskop Kepler Temukan Planet Mirip Jupiter, Ini Studinya

Kompas.com - 07/04/2022, 10:01 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Space

KOMPAS.com - Dalam penelitian terbaru, teleskop luar angkasa Kepler NASA yang telah berhenti beroperasi empat tahun lalu, berhasil menemukan planet baru mirip Jupiter.

Sebuah tim astrofisikawan internasional menggunakan data dari teleskop luar angkasa Kepler NASA, yang berhenti operasi pada 2018.

Peneliti menemukan sebuah exoplanet atau planet ekstrasurya mirip dengan Jupiter, yang terletak 17.000 tahun cahaya dari bumi.

Jauhnya bentangan jarak planet yang baru terungkap ini dari bumi, menjadikannya planet ekstrasurya terjauh yang pernah ditemukan oleh Kepler.

Planet baru mirip Jupiter ditemukan dari data teleskop Kepler itu secara resmi ditunjuk sebagai K2-2016-BLG-0005Lb, terlihat dalam data yang ditangkap oleh Kepler pada 2016.

Sepanjang masa operasinya, teleskop ini mengamati lebih dari 2.700 planet yang tengah dikonfirmasi.

“Kepler juga dapat mengamati tanpa terganggu oleh cuaca atau siang hari, memungkinkan kami untuk menentukan secara tepat masa planet ekstrasurya dan jarak orbit dari bintang induknya,” ujar astronom di Universitas Manchester Inggris Eamonn Kerins seperti dikutip dari Space, Rabu (6/4/2022).