Kompas.com - 06/04/2022, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Memasuki bulan suci Ramadhan seperti sekarang, banyak ibu menyusui yang dilema untuk menjalankan puasa lantaran khawatir akan kondisi bayinya. Namun, ternyata ibu tetap bisa berpuasa sambil menyusui bayinya. 

Banyak ibu menyusui yang bertanya-tanya apakah aman berpuasa sambil menyusui. Selain itu, hal apa saja yang perlu diperhatikan bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa agar ASI tetap lancar.

Berkaitan dengan itu, Dokter Umum Konselor Laktasi di RS Pondok Indah – Pondok Indah dr Nabila Rahmania, IBCLC, mengatakan ketika berpuasa tubuh lebih banyak kehilangan cairan karena perubahan pola makan dan tidur.

Selain masalah keamanan, kata dia, ibu menyusui mungkin juga penasaran dengan dampak puasa terhadap produksi ASI serta kesehatan dirinya sendiri maupun pada bayinya.

"Persiapan setiap ibu menyusui untuk berpuasa tentu berbeda, tergantung usia bayi dan beragam kondisi lainnya," terang Nabila dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/4/2022).

Dia menambahkan, ibu yang menyusui bayi kembar dan ibu yang sedang menyusui secara eksklusif memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih besar, dibandingkan mereka yang menyusui bayi yang sudah dalam masa MPASI.

"Karenanya, sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya ibu menyusui berkonsultasi dengan konselor laktasi atau dokter spesialis anak terlebih dahulu," imbuhnya.

Baca juga: Ibu Menyusui Puasa, Apakah Mengganggu Produksi ASI?

Berdasarkan penelitian, ibu menyusui berpuasa sebenarnya tidak menghambat pertumbuhan pada bayi ASI eksklusif. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui saat menjalankan puasa.

Berikut tips puasa untuk ibu menyusui selama bulan Ramadhan menurut dr Nabila.

1. Minum yang cukup

Pertama adalah pastikan ibu yang menyusui dapat memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup, yakni minimal 2 liter per hari. Kemudian, penuhilah kebutuhan cairan harian dengan minum sedikit tapi sering antara waktu buka puasa dan sahur.

Dia menyarankan agar ibu menyusui berpuasa agarmenghindari minum terlalu banyak sekaligus sebelum puasa dimulai. Sebab, dapat memicu ibu sering buang air kecil, lalu lebih cepat merasa haus.

2. Memilih makanan bergizi saat sahur

Tips puasa untuk ibu menyusui saat Ramadhan selanjutnya adalah memilih makanan yang bergizi pada saat sahur.

Puasa untuk ibu menyusui, maka disarankan dapat mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang mencakupi protein dan karbohidrat kompleks agar mendapatkan energi yang cukup selama berpuasa lebih dari 12 jam.

Baca juga: Ibu Menyusui Tak Boleh Makan Kol dan Brokoli?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.