Teleskop James Webb Temukan Galaksi Paling Tua yang Pernah Ada

Kompas.com - 23/07/2022, 11:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Setelah merilis foto luar angkasa berwarna pertama beberapa saat lalu, Teleskop Luar Angkasa James Webb tak berhenti melakukan pengamatan-pengamatan lainnya. Kali ini, penampakan galaksi paling tua tertangkap teleskop ini.

Terbaru, teleskop yang diluncurkan Desember 2021 ini mengamati galaksi yang diketahui sebagai galaksi tertua yang pernah ada.

Galaksi yang disebut dengan GLASS-z13 itu eksis 13,5 miliar tahun yang lalu atau 300 juta tahun setelah Big Bang.

Itu menurut Rohan Naidu dari Harvard Center for Astrophysics sekitar 100 juta tahun lebih awal dari apa pun yang diidentifikasi sebelumnya.

"Kami berpotensi melihat cahaya bintang paling jauh yang pernah di lihat siapa pun," katanya.

Dikutip dari Science Alert, Jumat (22/7/2022) semakin jauh objek maka semakin lama waktu yang dibutuhkan cahayanya untuk mencapai kita.

Dengan demikian menatap kembali ke alam semesta yang jauh berarti melihat ke masa lalu yang dalam.

Meski GLASS-z13 ada di era awal semesta, usia pastinya masih belum diketahui karena bisa terbentuk kapan saja dalam 300 juta tahun pertama.

Baca juga: Arti Warna-warna pada Foto Kelompok 5 Galaksi Alam Semesta Versi Teleskop James Webb

Penampakan galaksi paling tua, GLASS-z13 oleh teleskop James Webb terlihat dalam apa yang disebut data 'rilis awal' dari imager inframerah utama observatorium yang mengorbit, disebut NIRcam.

Akan tetapi penemuan galaksi paling tua itu tak terungkap dalam set gambar pertama yang diterbitkan oleh NASA minggu lalu.

Karena jaraknya sangat jauh dari Bumi, pada saat cahayanya mencapai kita, ia telah diregangkan oleh perluasan alam semesta dan bergeser ke wilayah inframerah spektrum cahaya, yang dilengkapi Webb untuk dideteksi dengan kejelasan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Naidu dan rekan-rekannya kemudian menyisir data inframerah dari alam semesta yang jauh ini, mencari tanda-tanda galaksi yang sangat jauh.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan melalui filter inframerah berbeda yang diarahkan ke wilayah ruang sama, tim dapat mendeteksi penurunan foton terjadi, sehingga dapat menyimpulkan keberadaan galaksi terjauh ini.

Teleskop James Webb temukan galaksi paling tua dan terjauh di alam semesta. Teleskop ini terus menarik perhatian astronom.