Teleskop Hubble Tangkap Potret Galaksi dengan Lubang Hitam Aktif, Seperti Apa?

Kompas.com - 07/04/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Teleskop luar angkasa NASA menangkap pemandangan baru dari sebuah galaksi dengan lubang hitam aktif, yang tertutup oleh sulur-sulur debu gelap.

Galaksi spiral, yang dikenal sebagai NGC 7172, terletak sekitar 110 juta tahun cahaya dari bumi di konstelasi Piscis Austrinus.

Gambar tersebut menggabungkan dua set gambar yang diambil oleh Advanced Camera for Surveys dan Wide Field Camera 3 Teleskop Luar Angkasa Hubble.

NASA membagikan gambar baru ini pada 1 April lalu, menyoroti sulur-sulur debu gelap yang melintasi jantung galaksi. Debu gelap tersebut mengaburkan wilayah pusat galaksi yang terang.

Baca juga: Dua Galaksi Menari Berhasil Dibidik Teleskop Hubble, Bagaimana Penampakannya?

Jika terlihat dari samping, sulurnya yang berdebu membuat NGC 7172 terlihat seperti galaksi spiral biasa. Namun, NGC 7172 sebenarnya memiliki inti galaksi aktif yang sangat terang.

“Ketika para astronom memeriksa NGC 7172 di seluruh spektrum elektromagnetik, mereka dengan cepat menemukan bahwa ada lebih dari yang terlihat,” ujar pejabat NASA seperti dikutip dari Space, Kamis (7/4/2022).

Sebagai informasi, NGC 7172 merupakan galaksi Seyfert, sejenis galaksi dengan inti galaksi aktif yang sangat terang, ditenagai oleh materi yang bertambah ke lubang hitam supermasif.

Ketika debu dan gas jatuh ke dalam lubang hitam supermasif pusat galaksi, akan memancarkan sinar cahaya terang. F

aktanya, galaksi dengan inti galaksi aktif mampu menghasilkan lebih banyak radiasi daripada seluruh galaksi lainnya.

Pengamatan terbaru ini dikumpulkan sebagai bagian dari studi mengenai inti galaksi aktif di dekatnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.