Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lucinta Luna Lakukan Operasi Potong Leher untuk Hilangkan Jakun, Operasi Apa Itu?

Kompas.com - 08/07/2022, 08:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Healthline


KOMPAS.com- Lucinta Luna kembali menjadi perbincangan netizen Indonesia, usai dirinya mengabarkan baru selesai menjalani operasi pemotongan leher untuk menghilangkan khodam atau jakun.

Kabar Lucinta Luna operasi pemotongan leher untuk menghilangkan khodam atau jakun ini, disampaikan sendiri melalui video yang memperlihatkan kepala sampai lehernya yang diperban, dan masih bercecer darah di beberapa tempat diperban itu.

“Ratu kuattt Ratu kuattt Ratu 9nyawa… semenjak pasca op pemotongan leher inih rada sulit utk menelan makanan. yukk bisa yukk sedikit2 suapin aku makan biar cepet pulih dan bisa bicara merdu lagi tanpa Khodam membandel,” tulis Lucinta Luna dalam akun Instagram pribadinya @lucintaluna_manjalita, Kamis (7/7/2022).

Lantas, seperti apa prosedur operasi potong leher untuk hilangkan jakun yang dilakukan Lucinta Luna ini?

Baca juga: Mastektomi dan Lumpektomi, Operasi Untuk Mengatasi Kanker Payudara

Jenis operasi leher Lucinta Luna

Jenis operasi pemotongan leher yang dimaksudkan oleh Lucinta Luna itu dalam dunia medis disebut dengan Chondrolaryngoplasty atau Trachea Shave (pemotongan trakea).

Memotong atau mencukur trakea adalah jenis operasi feminisasi wajah yang digunakan untuk mengurangi ukuran jakun. Ini dapat dilakukan pada wanita trans, orang trans non-biner, dan wanita cigender. 

Dilansir HealthLine edisi 24 November 2020, operasi Trachea Shave ini pada dasarnya dilakukan untuk mengurangi ukuran tonjolan laring, yang terletak di atas kelenjar tiroid di tengah tenggorokan.

Penonjolan laring yang dimaksud itu lebih sering disebut sebagai jakun. Selama pemotongan trakea, tulang rawan tiroid dikeluarkan dari bagian depan laring.

Untuk diketahui, peran tulang rawan tiroid adalah untuk melindungi pita suara dari kerusakan atau ketegangan.

Kabar Lucinta Luna operasi hilangkan jakun atau operasi pemotongan leher tersebut disampaikannya dalam sebuah unggahan di media sosialnya.

Baca juga: Maia Estianty Menjalani Operasi Batu Empedu, Ketahui Gejala dan Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com