Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Luar Angkasa Capstone NASA Sempat Hilang Kontak, Ini Kronologinya

Kompas.com - 07/07/2022, 18:00 WIB
Mela Arnani,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sempat kehilangan kontak dengan pesawat ruang angkasa Capstone yang diluncurkan sebagai bagian dari misi kembali ke bulan.

Pesawat tanpa awak yang dimiliki dan dioperasikan oleh Advanced Space LLC ini diluncurkan dari Launch Complex 1, Selandia Baru pada 28 Juni lalu. Peluncuran dilakukan menggunakan Rocket Lab USA Inc.

Setelah enam hari, Capstone berpisah dari roket tahap atas dan memulai perjalanannya selama empat bulan untuk mengorbit di Bulan.

“Tim pendukung sedang mencoba untuk menentukan penyebabnya (hilang kontak) dan membangun komunikasi kembali,” ujar juru bicara NASA Sarah Frazier seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Perburuan UFO Akan Dimulai NASA, Bagaimana Rencana Studinya?

Sebagai informasi, tujuan utama Capstone adalah untuk menguji orbit yang akan digunakan oleh Gateway, sebuah stasiun ruang angkasa kecil NASA yang akan menjadi area pementasan untuk perjalanan ke permukaan bulan.

Ini mencakup pelabuhan dok untuk mengunjungi pesawat ruang angkasa dan tempat bagi kru untuk tinggal dan bekerja.

Gateway merupakan bagian dari Program Artemis NASA, yang berencana mengembalikan astronot ke permukaan bulan pada awal 2025, serta memperbarui eksplorasi manusia di bulan dan menuju eksplorasi Mars.

Baca juga: NASA Akan Luncurkan Misi Davinci ke Venus pada 2029, Apa Tujuannya?

Kronologi hilang kontak Capstone

Melansir laman NASA, Cislunar Autonomous Positioning System Technology Operations and Navigation Experiment (Capstone) mengalami masalah komunikasi setelah peluncurannya pada 4 Juli 2022.

Capstone melakukan kontak awal dengan stasiun DSN di Madrid, Spanyol, diikuti kontak parsial dengan stasiun Goldstone di California. Dari kontak ini, operator misi dapat menentukan perkiraan posisi dan kecepatan Capstone di luar angkasa.

Sebagai akibat dari masalah komunikasi, manuver koreksi lintasan pertama Capstone, yang semula dijadwalkan pada 5 Juli pun tertunda.

Baca juga: Disimpan 50 Tahun, NASA Mulai Pelajari Batuan Bulan dari Misi Apollo

Dalam pembaruan yang dirilis NASA, tim misi Capstone telah kembali menjalin kontak dengan pesawat ruang angkasa melalui jaringan luar angkasa NASA.

Data yang diterima dari Capstone menunjukkan pesawat ruang angkasa dalam keadaan sehat dan beroperasi dengan aman selama hilang kontak.

Kembalinya kontak awal setelah terjadinya masalah komunikasi didapatkan pada 6 Juli pukul 09.26 waktu timur. Sinyal mengonfirmasi Capstone berada di lokasi yang diharapkan, kemudian prosedur pemulihan dan penerimaan data telemetri dari pesawat ruang angkasa dimulai pukul 10.18 pagi waktu timur.

Baca juga: China Rencanakan Membawa Sampel dari Mars ke Bumi Tahun 2031

Tim juga sedang bersiap melakukan manuver koreksi lintasan pertama Capstone, yang akan lebih tepat menargetkan orbit transfer Capstone ke Bulan pada 7 Juli 2022 pukul 11.30 waktu timur. Rencananya, Capstone akan tiba di orbit bulan pada 13 November mendatang.

Saat ini tim terus bekerja untuk mempelajari akar masalah yang menyebabkan hilang kontak, dengan sebelumnya didapatkan bahwa masalah dipicu selama kegiatan pengujian operasional sistem komunikasi.

Tim akan terus mengevaluasi data yang mengarah ke masalah komunikasi dan memantau status Capstone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com