Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2022, 17:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Serambi kiri jantung adalah salah satu dari empat bilik jantung yang terletak di sisi kiri posterior. 

Serambi kiri jantung berfungsi sebagai ruang penampung darah yang kembali dari paru-paru dan bertindak sebagai pompa untuk mengangkut darah ke area lain di jantung. 

Dilansir dari Healthline, darah yang kaya oksigen dari paru-paru memasuki serambi kiri melalui vena pulmonalis. 

Kemudian, darah dipompa ke bilik kiri jantung melalui katup mitral. Dari sana, darah siap dipompa ke dalam tubuh untuk mengantarkan darah yang kaya oksigen ke seluruh jaringan tubuh. 

Anatomi serambi kiri jantung

Dilansir dari Kenhub, dalam posisi anatomis, seramb kiri jantung tersembunyi di belakang atrium kanan karena atrium kanan berkontribusi pada sebagian besar bagian atas permukaan sternokostal jantung. 

Baca juga: Awas, Stres Berlebihan Bisa Memicu Serangan Jantung, Studi Jelaskan

Serambi kiri dan kanan jantunf dipisahkan oleh dinding fibromuskular yang dikenal sebagai septum atrium (interatrial), sedangkan ventrikel dipisahkan oleh struktur serupa, yang dikenal sebagai septum ventrikel (interventrikular). 

Selain itu, setiap atrium dipisahkan dari ventrikel di sisi yang sama oleh septum atrioventrikular. 

Namun, tidak seperti septa interventrikular dan interatrial, septum atrioventrikular dilengkapi dengan katup yang memungkinkan darah mengalir dari bilik atas ke bilik bawah. 

Serambi kiri jantung diposisikan sedikit di atas dan di belakang serambi kanan. 

Meskipun lebih kecil dalam hal jumlah darah yang dapat ditampungnya, serambi kiri memiliki dinding miokard yang lebih tebal jika dibandingkan dengan serambi kanan. 

Baca juga: Orang Sakit Jantung Rentan Lebih Parah Saat Terinfeksi Covid-19

Ini menunjukkan bahwa serambi kiri mendapat tekanan yang lebih tinggi sehingga melakukan lebih banyak pekerjaan daripada serambi kanan.

Seperti serambi kanan, dinding serambi kiri berbentuk kubus hang terdiri dari entitas vena (selain bagian aurikularis dan vestibular juga). 

Dalam hal ini, keempat ostium vena pulmonalis memasuki aspek posterior atrium kiri. Pembuluh darah menembus kedua sisi dinding posterior berpasangan.

Sebagian besar permukaan anterior serambi kiri tersembunyi di balik akar pembuluh darah besar yang baru muncul. 

Selanjutnya, bagian dari sinus perikardial transversal (ruang antara vena cava superior) melewati bagian depan serambi kiri. 

Serambi kiri juga memilki "daun telinga", namun, itu lebih ramping daripada serambi kanan dan juga melengkung ke distal karena sebagian tumpang tindih dengan batang arteri pulmonalis . 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com