Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan: Pencarian Bukti Kehidupan di Mars Bisa Tertipu Fosil Palsu, Kok Bisa?

Kompas.com - 18/11/2021, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan mengungkapkan bahwa fosil palsu bisa menyesatkan upaya pencarian bukti kehidupan di Mars.

Misi-misi yang dilakukan di planet Mars saat ini, dilakukan robot penjelajah dengan mencari tanda-tanda kehidupan purba.

Namun, studi mengungkapkan bahwa misi pencarian bukti kehidupan purba di Mars bisa tertipu oleh spesimen mirip fosil yang tercipta dari proses kimia.

Dilansir dari Phys, Kamis (18/11/2021), batuan di Mars mungkin saja mengandung berbagai jenis endapan non-biologis yang dapat tampak mirip dengan jenis fosil yang mungkin ditemukan jika planet merah ini pernah memiliki kehidupan di masa lalu.

Baca juga: Cari Kehidupan di Mars, Robot Perseverance NASA Mulai Kumpulkan Batuan

 

Oleh sebab itu, para ilmuwan menegaskan bahwa penting untuk membedakan fosil palsu dengan bukti kehidupan purba di planet Mars.

Sebab, hal itu adalah kunci keberhasilan dalam misi mencari kehidupan di Mars, baik yang dilakukan saat ini maupun misi Mars di masa depan.

Sebelumnya, para ilmuwan meyakini bahwa planet tetangga Bumi ini pernah memiliki kehidupan purba pada empat miliar tahun yang lalu.

Ahli astrobiologi dari University of Edinburg dan University of Oxford telah meninjau bukti dari semua proses yang diketahui dapat menciptakan endapan seperti kehidupan di batuan-batuan Mars.

Baca juga: Siapkan Kehidupan di Mars, Ahli Lakukan Serangkaian Eksperimen pada Alga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com