Alasan Sederhana Mars Tidak Cocok untuk Kehidupan, Perbedaan Ukuran

Kompas.com - 22/09/2021, 12:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Ada masa di mana banyak orang bermimpi pindah dari Bumi dan memulai kehidupan di Mars, mungkin hingga saat ini.

Namun, harapan itu mungkin akan kandas karena peneliti menemukan bukti baru kenapa Mars tidak cocok untuk kehidupan.

Secara khusus, penelitian terbaru menunjukkan bahwa Mars tidak cocok untuk kehidupan karena ukurannya berbeda dengan Bumi.

Diameter Mars hanya 53 persen diameter Bumi, atau planet merah itu hanya setengahnya Bumi.

Dengan ukuran yang lebih kecil, Mars tidak mungkin bergantung pada zat yang mudah menguap. Seperti yang kita tahu, sifat zat seperti itu penting untuk kehidupan, seperti misalnya air.

Baca juga: Mengapa Planet Mars Berwarna Merah?

"Nasib Mars sudah diketahui sejak awal," kata pakar planet Kun Wang dari Universitas Washington di St. Louis seperti dilansir dari Science Alert, Senin (20/9/2021).

"Ada ambang batas pada persyaratan ukuran planet berbatu untuk bisa mempertahankan cukup air yang mendukung kehidupan."

Meski ada banyak perbedaan antara Bumi dan planet-planet terestrial lain di Tata Surya, sulit untuk memastikan faktor mana yang mendukung munculnya kehidupan dan faktor mana yang menghambatnya.

Namun peneliti mengatakan, ada beberapa hal penting yang dibutuhkan planet untuk mendukung kehidupan, seperti yang dimiliki Bumi.

Hal utama itu adalah air. Jadi, kondisi yang memungkinkan keberadaan air adalah salah satu hal utama dalam daftar periksa kelayakhunian planet.

Kita tahu bahwa Mars dulunya memiliki permukaan air, kita telah melihat buktinya dalam meteorit Mars yang keluar dari Bumi, digali dari planet merah ketika Tata Surya masih muda.

Namun kondisi Mars saat ini berdebu, kering, sunyi, dan setiap air di permukaannya membeku.

Transisi dari planet yang relatif basah ke tempat debu yang gersang terkadang dikaitkan dengan hilangnya medan magnet Mars.

Tapi ada kemungkinan bahwa faktor lain berperan dalam retensi volatil, seperti gravitasi permukaan benda kosmik. Sebagai perbandingan, gravitasi bumi adalah 2,66 kali gravitasi Mars. Jadi Wang dan timnya mulai menyelidiki.