Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis 92W, Ini Dampak Cuaca di Indonesia

Kompas.com - 05/10/2021, 07:15 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi tumbuhnya bibit siklon tropis 92W di belahan bumi utara. Bibit siklon tropis ini dapat memberi dampak terhadap cuaca di Indonesia

Melalui Jakarta Cyclone Warning Center (TCWC), bibit siklon 92W terbentuk di sekitar wilayah perairan Filipina, tepatnya di 10.1 LU, 125.1 BT.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, A Fachri Radjab mengatakan, bibit siklon tropis yang satu ini sudah terdeteksi sejak pukul 07.00 WIB, Senin (4/10/2021).

Bibit siklon 92W ini tumbuh dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 20 knots (37 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 1005 hPa. 

Baca juga: BMKG: Terdeteksi 2 Bibit Siklon Tropis, Tak Pengaruhi Cuaca Indonesia

 

Lebih lanjut, Fachri berkata, bibit siklon 92W bergerak ke arah barat dan diprakirakan akan meningkat intensitasnya setelah melewati daratan Filipina memasuki wilayah perairan Laut Cina Selatan.

Sehingga keberadaan siklon tropis 92W ini memberikan dampak tidak langsung terhadap potensi cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Indonesia dalam 24 jam ke depan (sejak tadi malam).

"BMKG melalui TCWC Jakarta setiap saat terus melakukan monitoring terhadap kemungkinan adanya potensi siklon tropis yang dapat berdampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia," kata Fachri.

Adapun, dampak cuaca ekstrem yang harus diwaspadai akibat adanya bibit siklon tropis 92W di Indonesia ini adalah sebagai berikut.

Baca juga: BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis 94W, Apa Dampak Cuaca di Indonesia?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com