Benarkah Biopsi Sebabkan Kanker Menyebar dan Makin Ganas? Ini Kata Ahli Onkologi

Kompas.com - 04/10/2021, 20:36 WIB
Ilustrasi kanker Bet_NoireIlustrasi kanker

KOMPAS.com - Jika Anda pernah meyakini bahwa biopsi dapat menyebabkan kanker menyebar atau pecah, maka mulai saat ini ahli meminta Anda tidak lagi mempercayai hal itu, karena hanya mitos semata.

Selain dianggap bisa menyebabkan kanker menyebar dan pecah, ada pula yang mempercayai biopsi bisa menyebabkan tumor yang tadinya jinak menjadi ganas.

Dokter Spesialis Bedah Onkologi, dr Farida Briani Sobri SpB(K)Onk mengatakan, banyak hal yang sebenarnya disalahpahami oleh masyarakat terkait biopsi ini.

Baca juga: Benarkah Biopsi Dapat Sebabkan Kanker Makin Menyebar? Ini Kata Ahli

"Tidak benar, biopsi tidak membuat tumor menjadi ganas, menyebar atau pecah," kata Farida dalam diskusi daring bertajuk Edukasi CISC: Bersama Melangkah, Meraih Harapan, Sabtu (2/10/2021).

Diakui Farida, dari berbagai mitos atau isu simpang siur yang tidak benar tersebut, masih banyak ditemui pasien yag belum memahami pentingnya melakukan pemeriksaan sesegera mungkin terhadap kecurigaan kanker payudara.

Hal itu umumnya, karena kurangnya pemahaman, sehingga pasien cenderung takut untuk melakukan biopsi.

Padahal, ia menekankan, tidak benar biopsi membuat sifat keganasan kanker berubah dan menyebabkan kanker menyebar. Biopsi justru sangat penting dilakukan untuk memperoleh diagnosis yang jelas.

"Ada 2 sifat tumor, yaitu jinak dan ganas (kanker), dan biopsi tidak akan mengubah sifat tumor tersebut," tegasnya.

Pemeriksaan histopatologi melalui biopsi merupakan baku emas dalam diagnosis kanker payudara. Sehingga, biopsi diindikasikan pada pasien dengan massa curiga ganas.

Biopsi juga dianjurkan pada pasien dengan klinis yang mengarah pada kecurigaan kanker payudara, tetapi hasil pencitraannya kurang konklusif (massa indeterminate).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.