Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusia 107 Tahun, Inilah Pasangan Kembar Identik Tertua di Dunia

Kompas.com - 23/09/2021, 16:00 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua perempuan bersaudara di Jepang mendapatkan gelar sebagai kembar identik tertua di dunia pada usia 107 tahun.

Mereka adalah Umeno Sumiyama dan Koume Kodama lahir pada 5 November 1913. Usianya saat ini, Kamis (23/9/2021) adalah 107 tahun lebih 322 hari.

Usia tersebut memecahkan rekor sebelumnya, di mana kembar identik tertua di dunia dipegang oleh Kin Narita dan Gin Kanie yang juga dari Jepang. Kala itu mereka berumur 107 tahun dan 175 hari.

Baca juga: Bukan Cuma Faktor Umur, Ini Alasan Rambut Memutih dan Beruban

Mengutip Live Science, Kamis (23/9/2021) Sumiyama dan Kodama dinobatkan sebagai kembar tertua di dunia, Senin (20/9/2021) oleh Guinness World Records.

Dua bersaudara tersebut saat ini tinggal di lokasi terpisah dan sertifikat tersebut diberikan oleh staf perawat mereka.

Menurut laporan AP News, Sumiyama dan Kodama lahir di Pulau Shodoshima di Jepang dalam keluarga besar, dengan total 11 anak. Setelah sekolah dasar, Kodama pindah ke Kyushu di Jepang Selatan untuk bekerja sebagai pembantu, sementara Sumiyama tetap berada di pulau itu.

Dua bersaudara itu jarang bertemu selama beberapa dekade sampai mereka berusia 70 tahun. Ketika sudah bertemu lagi, mereka mulai melakukan ziarah bersama.

Para ilmuwan telah mempelajari centenarian (orang yang hidup sampai 100 tahun) dan supercentenarian (orang yang hidup sampai 110 tahun dan lebih) untuk lebih memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada rentang hidup yang panjang.

Dan menurut National Institutes of Health (NIH) berapa lama seseorang hidup diperkirakan dipengaruhi oleh genetika, lingkungan, dan gaya hidup. Terutama dalam 80 tahun pertama kehidupan.

Baca juga: Studi: Rahasia Panjang Umur Ada di Usus Manusia

Varian genetik yang telah dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih lama termasuk varian dalam gen ABO, CDKN2B, APOE dan SH2B3. Varian ini ditemukan lebih umum pada orang yang berusia seratus tahun daripada orang dengan rentang hidup rata-rata.

Namun studi lain baru-baru ini menemukan bahwa centenarian mungkin memiliki bakteri usus khusus yang membantu menangkal infeksi.

Sementara itu menurut Guinness World Records Orang tertua yang masih hidup saat ini adalah Kane Tanaka, dari Fukuoka, Jepang, yang saat ini berusia 118 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com