Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Magnitudo Gempa Blitar Diperbarui? Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 22/05/2021, 18:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik yang mengguncang Blitar, Jawa Timur pada, Jumat (21/5/2021) pada awalnya dikabarkan memiliki kekuatan magnitudo M 6,2. Namun, tidak berapa lama kemudian data tersebut di-update.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis data terbaru yang dimutakhirkan dengan parameter update magnitudo gempa Blitar menjadi M 5,9.

Kejadian pemutakhiran data magnitudo gempa ini bukan hanya sekali terjadi. Pemutakhiran magnitudo bisa jadi menurun atau bahkan meningkat daripada data yang dikeluarkan sebelumnya.

Namun, mengapa sering kali ada revisi atau pemutakhiran parameter magnitudo saat gempa terjadi?

Menjawab hal itu, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk mengumumkan besarnya magnitudo gempa.

Baca juga: Pusat Gempa Blitar 110 Km di Bawah Laut, Kok Getarannya Terasa Kuat?

 

"Sebetulnya bisa saja tidak dimutakhirkan. Atau langsung saja ke M 5,9 (gempa Blitar), itu bisa. Tetapi, itu kita harus menunggu lebih dari 5 menit (usai gempa untuk dapat M 5,9),"  kata Dwikorita dalam konferensi pers, Jumat (21/5/2021) menjelaskan magnitudo gempa Blitar.

Ia mencontohkan, di negara Amerika memiliki kebijakan sendiri untuk mengumumkan magnitudo gempa dengan menunggu kondisi kejadian gempa sudah stabil, yaitu sekitar 10-15 menit usai guncangan terjadi.

Mereka memang sengaja menunggu sampai keadaan guncangan gempa stabil, baru mengumumkan kejadian gempa kepada masyarakat.

"Nggak apa-apa, nggak salah itu nunggu stabilnya. Yang penting akurasinya itu. Akurat, stabil menit ke 10 atau 15 (usai guncangan terjadi)," kata dia.

Bahkan, kata dia, jika United States Geological Survey (USGS/ BMKG Amerika) merasa kondisi guncangan gempa belum stabil meski sampai menit ke 30 sekalipun, mereka masih akan menunggu sampai stabil agar menyampaikan hasil analisis magnitudo gempa bumi yang akurat.

Baca juga: 6 Fakta Gempa Blitar, dari Bukan Gempa Megathrust hingga Termasuk Merusak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com