Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Herbal untuk Kolesterol, Cara Alami Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 12/05/2021, 10:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tingginya kadar kolesterol dalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan. Kadar kolesterol tinggi merupakan pemicu utama penyakit jantung. Kadar kolesterol yang perlu Anda perhatikan ada tiga, yaitu kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ketiga kolesterol ini perlu ada di angka yang rendah.

Namun ada satu kolesterol yang baik jika kadarnya meningkat, yaitu kolesterol HDL. Biasanya kolesterol baik ini akan meningkat seiring konsumsi lemak-lemak baik seperti minyak kelapa.

Daripada bergantung denga obat-obatan, Anda bisa mencoba cara alami berikut untuk turunkan kadar kolesterol dalam darah, tentunya dengan mengimbangi pola hidup sehat lainnya serperti berolahraga dan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Daun ceremai

Daun ceremai (Phyllantus acidus L.) merupakan salah satu obat tradisional yang sudah teruji secara empiris mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Rambut jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat utama di Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan beberapa daerah di Indonesia seperti Madura dan Nusa Tenggara.

Semua bagian dari jagung bisa dimanfaatkan. Bulirnya banyak digunakan sebagai sumber pangan manusia seperti dibuat tepung, dibuat minyak jagung, hingga paka ternak yang menggunakan daun dan tongkolnya.

Baca juga: 7 Manfaat Kacang Hijau, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Tekanan Darah

Ternyata, rambut jagung juga ada manfaatnya. Rambut jagung telah lama diketahui fungsinya sebagai obat diuretik tadisional dan penurun tekanan darah. Rambut jagung mengandung zat betasitosterol yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Kedokteran Universitas Lampung tahun 2016, rambut jagung memberi efek yang signifikan untuk menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat, serta peningkatan kolesterol baik.

Anda bisa mengonsumsi rambut jagung dengan cara merebusnya. Minum air rebusan rambut jagung setelah hangat atau dingin.

Teh jati Cina

Dalam sebuah studi, mengonsumsi teh jati Cina selama 14 hari terbukti menurunkan kadar kolesterol total secara signifikan.

Bunga karamunting

Bunga karamunting ternyata terbukti memiliki efek yang sama dengan simvastatin, yaitu obat untuk menurunkan kolesterol total dan trigliserida.

Minyak kelapa

Meminum minyak kelapa satu sendok makan sehari terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol total dalam darah, trigliserida, dan kolesterol LDL, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik untuk tubuh.

Biji dan daun kelabat

Biji daun kelabat atau fenugreek berguna untuk mengurangi kolesterol karena efeknya yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Baca juga: Catat, Inilah Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia

Bawang putih

Bawang putih menunjukkan kemampuannya menurunkan kadar kolesterol total dalam darah, namun hanya dalam waktu yang singkat. Efek sampingnya adalah bawang putih bisa memperpanjang perdarahan sehingga tidak disarankan kepada orang yang meminum obat-obatan pengecer darah, atau orang yang akan melalukan operasi.

Serat dan kacang-kacangan

Sayur-sayuran, buah-buahan, dan oat efektif menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat. Selain itu kacang kedelai juga terbukti baik untuk mencegah penyakit jantung. Anda bisa mengonsumsi tahu, tempe, dan susu kedelai.

Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi pembentukan plak di dalam arteri. Anda bisa memenuhi asupan ini dengan suplemen tambahan atau mengonsumsi dua porsi ikan tinggi lemak seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com