Kompas.com - 12/05/2021, 09:02 WIB
Pasien positif Covid-19 berbaring di ruang aula yang sementara diubah menjadi pusat perawatan covid di New Delhi pada 29 April 2021. TAUSEEF MUSTAFAPasien positif Covid-19 berbaring di ruang aula yang sementara diubah menjadi pusat perawatan covid di New Delhi pada 29 April 2021.

KOMPAS.com - Krisis virus corona di India menunjukkan sedikit tanda mereda pada Selasa (11/5/2021), dengan rata-rata tujuh hari kasus harian memecah rekor tertinggi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan varian virus yang ada di India, B.1.617, menimbulkan ancaman kesehatan global.

Dilansir dari Reuters, Selasa (11/5/2021), kasus virus corona harian di India bertambah 329.942 kasus dan 3.876 orang meninggal dunia.

Menurut data yang dihimpun worldmeters hingga Selasa sore, kasus Covid-19 di India sudah lebih dari 22,9 juta kasus dengan total kematian lebih dari 250.000 orang.

Baca juga: WHO Klasifikasikan Virus B.1.617 India sebagai Variant of Concern, Ini Artinya

India memimpin dunia dalam jumlah rata-rata harian kematian baru yang dilaporkan. Setidaknya, satu dari tiga kematian yang dilaporkan di seluruh dunia berasal dari India.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rata-rata kasus baru dalam sepekan berada pada rekor tertinggi, 390.995 kasus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan varian B.1.617 yang pertama kali diidentifikasi di India tahun lalu sebagai variant of concern atau varian yang menjadi perhatian global.

Hal ini berdasar bukti dari beberapa studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa virus itu menyebar lebih mudah.

“Kami mengklasifikasikan ini sebagai variant of concern (varian memprihatinkan) di tingkat global,” kata Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO terkait Covid-19 dalam konferensi pers di Jenewa, Senin (10/5/2021).

“Ada beberapa informasi yang mengingatkan peningkatan transmisi (penularan virus).”

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X