Kompas.com - 11/05/2021, 20:33 WIB

KOMPAS.comAsam lambung tinggi beisa mneyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Nyeri di bagian perut, mual, hingga muntah bisa dialami. Asam lambung tinggi bisa dikarenakan telat makan, stress, infeksi bakteri, hingga tumor.

Sebagian besar kasus asam lambung tidak berbahaya. Namun, orang bisa terganggu aktivitasnya karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Tenang saja, ada banyak cara mudah atasi asam lambung, salah satunya dengan tanaman herbal.

Berikut rangkuman herbal yang membantu Anda untuk redakan asam lambung.

Teh herbal

Dilansir dari Medical News Today (30/3/2021), teh bisa meningkatkan sistem pencernaan dan meredakan gejala seperti mual dan pusing.

Baca juga: Kenali Penyebab Asam Lambung Tinggi dan Cara Mengobatinya

 

Selain itu, meminum secangkir teh juga bisa membuat Anda lebih tenang dan mengurangi stress. Stress merupakan salah satu pemicu asam lambung meningkat.

Anda bisa mencoba meminum teh chamomile dan teh hijau. Hindari meminum teh mint karena ini justru bisa memicu asam lambung Anda.

Makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat akan membuat seseorang kenyang lebih lama dan mencegah naiknnya asam lambung. Makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi tubuh contohnya, gandum, oat, pasta gandum, beras coklat, kulit kentang, kacang-kacangan, dan brokoli.

Madu

Madu memilki efek melindungi lambung dengan menghambat pertumbuhan bakteri di lambung, serta menyembuhkan ulser peptik. Madu terbukti memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antibakteri, dan menyembuhkan luka.

Bunga kantil

Bunga kantil atau cempaka putih sering dikaitkan dengan segala sesuatu yang berbau mistis atau gaib. Namun ternyata, air rebusan bunga kantil dipercaya ampuh mengatasi masalah pada perut, termasuk asam lambung.

Buah dewandaru

Buah dewandaru atau sebagian orang mengenalnya dengan buah ceremai memiliki antioksidan tinggi dan berkhasiat mengurangi asam lambung. Buahnya kecil berwarna hijau, oranye, dan merah dengan rasa yang asam segar.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.