Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ruas Tol Penghubung Aceh-Sumut Beres Akhir 2024, Progres 93 Persen

Kompas.com - 03/05/2024, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memastikan, pembangunan fisik dua ruas jalan tol penghubung Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) beres dibangun akhir 2024.

Kedua ruas yang dimaksud yakni Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi I (Padang Tiji-Seulimeum), dan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 3 (Tanjung Pura-Pangkalan Brandan).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Adjib Al Hakim menyampaikan, secara akumulasi, progres konstruksi kedua jalan tol tersebut sudah mencapai lebih dari 93 persen.

Baca juga: Proyek Tol Cileles-Panimbang Hampir Rampung

"Karena untuk kedua jalan tol ini sebenarnya sudah beroperasi hampir seluruhnya dengan menyisakan pengerjaan 1 seksi dari masing-masing ruas jalan tol,” ujar Adjib dalam rilisnya, Jumat (3/5/2024).

Lebih rinci, Adjib menjelaskan, progres konstruksi Tol Sibanceh Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum dengan panjang mainroad 25 kilometer, hingga 30 April 2024 mencapai 84,77 persen, dengan progres pengadaan lahan 87,95 persen.

Adapun Tol Sibanceh Seksi 2-6 (Seulimum-Blang Bintang) kini telah beroperasi.

Sementara dari periode yang sama, progres pembangunan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 3 Tanjung Pura-Pangkalan Brandan dengan panjang mainroad 18,9 kilometer telah mencapai 91,80 persen, dengan progres pengadaan lahan sebesar 100 persen.

Kini, pembangunan infrastruktur di dua provinsi tersebut menjadi fokus pemerintah. Hal ini ditunjukkan dengan dukungan dari Pemerintah yang didapatkan oleh Hutama Karya.

Ini melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

“Dalam perpres baru, sejumlah jalan tol yang akan memperkuat jaringan jalan tol di bagian utara Sumatera masuk dalam pembangunan tahap III, dimana sebelumnya jalan tol ini berada pada daftar pembangunan tahap IV,” tutup Adjib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com