Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Progres Konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Besuki Tahap I

Kompas.com - 17/05/2024, 05:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir April 2024, progres konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I telah mencapai 35,84 persen.

Tahap I ini merupakan pembangunan dari Probolinggo sampai dengan Besuki yang terbagi atas 3 Paket Pekerjaan Konstruksi yaitu Paket 1 (Gending-Kraksaan), Paket 2 (Kraksaan-Paiton) hingga Paket 3 (Paiton-Besuki).

Direktur Utama PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) Adi Prasetyanto mengatakan, untuk pembebasan lahan, tercatat hingga April 2024 progresnya telah mencapai 97,10 persen.

Baca juga: Jalan Tol di Luar Pulau Jawa Makin Ramai Jelang Libur Panjang

Ia menyebutkan, sesuai dengan Permenko Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022, pembebasan lahan dan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi difokuskan pada ruas Probolinggo-Besuki.

“Secara keseluruhan, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 175,78 KM terbagi menjadi dua tahap pembangunan. Tahap I yang menghubungkan Probolinggo-Besuki sepanjang 49,68 KM, dan tahap II menghubungkan Besuki-Banyuwangi sepanjang 126,10 KM,” ujar Adi.

Dirinya menambahkan, jika pembebasan lahan sesuai dengan target, maka pengerjaan kontruksi untuk pembangunan tahap I Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki ditargetkan dapat selesai pada November 2024.

Proses konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap IJasa Marga Proses konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I
Menurutnya, dalam membangun jalan tol ini, PT JPB bersama kontraktor pelaksana serta konsultan pengawas dan konsultan pengendali mutu berkomitmen akan memastikan keselamatan keteknikan konstruksi, keselamatan dan kesehatan kerja, keselamatan publik hingga keselamatan lingkungan.

“PT JPB juga menjaga Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam proyek ini, sebanyak mungkin menggunakan sumber daya setempat dalam pekerjaan, termasuk penyediaan tenaga kerja, peralatan serta bahan dalam negeri,” ungkap Adi.

Pembangunan tahap I jalan tol Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Baca juga: Paruh Pertama 2024, Ada Dua PSN Jalan Tol Kelar Dibangun

Selain itu, nantinya juga akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton dan SS Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+700 di kedua arah, arah Probolinggo maupun arah Besuki.

Secara keseluruhan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi atas tujuh seksi, yaitu seksi 1 Gending-Kraksaan (12,88 Km), seksi 2 Kraksaan-Paiton (11,20 Km), seksi 3 Paiton-Besuki (25,60 Km).

Kemudian seksi 4 Besuki-Situbondo (42,30 Km), seksi 5 Situbondo-Asembagus (16,76 Km), seksi 6 Asembagus-Bajulmati (37,45 Km), dan seksi 7 Bajulmati-Ketapang (29,59 Km).

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikelola oleh PT JPB selaku Badan Usaha Jalan Tol.

Saham tol ini dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 94,93 persen, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 5 persen, dan PT Waskita Toll Road sebesar 0,07 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com