Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Kreasi Nusantara, Dukungan REI bagi Pengembangan Pariwisata Kreatif

Kompas.com - 28/04/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah Kreasi Nusantara akan dibangun Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Sebagaimana diketahui, Pemerintah telah menetapkan lima DPSP yakni Labuan bajo, Borobudur, Danau Toba, Mandalika, dan Likupang.

Komitmen ini dikuatkan melalui penandatanganan kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (25/4/2024).

Baca juga: REI Tolak Kenaikan Tarif PBB, Perlu Ditinjau Ulang

Ruang lingkup kesepahaman bersama ini meliputi pertukaran data dan/atau informasi; pengembangan destinasi pariwisata dan infrastruktur ekonomi kreatif; pengembangan industri dan investasi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian pengembangan ekonomi digital dan produk kreatif; serta kerja sama atau kegiatan lain sesuai dengan tugas dan fungsi masing- masing pihak.

Ketua Umum DPP REI Joko Suranto mengatakan, salah satu kerjasama yang akan dilakukan adalah pemanfaatan aset milik anggota REI untuk mendukung pelaku usaha kerajinan dan ekonomi kreatif di Indonesia melalui pengembangan Rumah Kreasi Nusantara.

Joko memastikan REI berkomitmen untuk merealisasikan kerjasama tersebut, sehingga bukan sekadar MoU dan target semata.

Dia mengharapkan kerjasama kedua belah pihak dapat memberi jalan kepada pelaku UMKM dan ekonomi kreatif untuk satu saat menjadi pengusaha besar.

Baca juga: REI Jakarta Minta BI dan OJK Loloskan Debitur Kolektibilitas 2

"Kami merasa senang dan gembira bisa terlibat dalam pengembangan ekonomi kreatif nasional di Indonesia, karena ada 38 DPD REI yang bersama-sama dapat merealisasikan kesepakatan tersebut," sebutnya.

Sementara itu Menparekraf Sandiaga Uno menyambut baik kesepakatan ini karena dihasilkan hanya melalui satu kali pertemuan.

"Sekali bertemu kita sudah tandatangani MoU ini. Kami berharap Rumah Kreasi Nusantara ini bisa mendorong tumbuhnya pusat-pusat ekonomi krearif di seluruh Indonesia," tegas Sandiaga.

Baca juga: Survei REI, Penjualan Apartemen di Jakarta Sedang Tidak Baik-baik Saja

Dia juga berharap ke depan kolaborasi dengan REI akan semakin baik terutama dalam pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

REI didirikan di Jakarta pada 11 Februari 1972. Sepanjang kiprahnya, REI aktif memperjuangkan kepentingan seluruh anggotanya, baik pengembang kecil (rumah subsidi), menengah maupun pengembang besar.

Asosiasi ini juga aktif membangun jaringan sinergitas dengan pemangku kebijakan perumahan dan properti, serta mitra kerja termasuk perbankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com