Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Resmikan Renovasi 50 Sekolah Yayasan Putra, Mulai dari TK-SMP

Kompas.com - 09/03/2024, 15:39 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan rehabilitasi dan renovasi 50 sarana prasarana (sarpras) Yayasan Pendidikan Putra di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (9/3/2024).

Alhamdulillah, kita telah selesai merenovasi, merehabilitasi, sekolah-sekolah dibawah Yayasan Putra dari TK-SD-dan SMP, dan sekarang sedang dalam renovasi STT Putra," ujar Basuki dalam sambutannya pada peresmian acara tersebut.

Sedangkan Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti hasil audiensi para pengurus Yayasan Pendidikan Putra bersama Basuki pada 23 Juni 2022 di Jakarta.

Essy melanjutkan, Ditjen Cipta Karya mendapatkan amanah untuk melaksanakan rehabilitasi dan inovasi sarana prasarana seluruh Yayasan Putra dibawah naungan Yayasan Pendidikan Putra pada tahun 2023 bersama Balai BPIW di 18 provinsi di Indonesia telah menyelesaikan 50 unit sarana prasarana pendidikan.

Baca juga: Ingin Renovasi Rumah buat Lebaran? Ini Tips Jitunya

Ini terdiri dari 47 unit TK, 2 unit SD dan 1 unit SMP, yang saat ini juga masih ada 1 kegiatan SD Sapta Taruna yang masih berjalan.

Hal ini tentunya membuat renovasi sarpras Yayasan Putra ini mengacu kepada Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan pendekatan pada Surat Edaran (SE) Ditjen Cipta Karya Nomor 47 tentang Petunjuk Teknis Standarisasi Desain dan Penilaian Kerusakan Sekolah.

Selain itu, juga dalam pembangunan ini menerapkan ciri khas dari Kementerian PUPR serta ornamen khas daerah pada bangunan dan desain untuk fasadnya pada gapura depan.

Lalu, di lingkungannya juga ditanami oleh vegetasi berupa pohon-pohon peneduh sebagai upaya menciptakan lingkungan yag asri, serta telah disediakan arena bermain indoor dan outdoor di masing-masing sarpras.

Adapun 50 sarpras Yayasan Pendidikan Putra juga telah dilengkapi furnitur, meubelair, paket edukasi, serta seragam pengajar guna menunjang aktivitas belajar-mengajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com