Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitek Gedung Sekolah Musik Indonesia Semarang Sabet Penghargaan Internasional

Kompas.com - 04/08/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma Arsitek RSI Group Semarang memperoleh penghargaan bergengsi di ajang International Property Awards 2023.

Melalui divisi arsitektur MSSM Associates, firma arsitek ini ditetapkan sebagai pemenang utama kategori Public Service Architecture.

Penghargaan ini diperoleh lewat karya arsitektur mereka dalam mendesain gedung Sekolah Musik Indonesia (SMI) di Semarang.

Pemberian penghargaan berlangsung di Mariott Marquis Bangkok, Thailand pada 30-31 Mei 2023.

Dilansir dari keterangan resmi, desain SMI Building RSI Group terinspirasi oleh aktivitas otak saat menciptakan musik.

Dengan pola yang mirip dengan bar dalam piano, bangunan ini memperlihatkan keunikan dan kekayaan estetika yang menarik perhatian.

RSI Group juga memerhatikan pencahayaan alami dan menciptakan ruang studio serta panggung yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir.

Selain itu, SMI Building juga menghasilkan cahaya natural yang masuk ke dalam ruangan.

Baca juga: Tantangan buat Arsitek, Bangun Rumah Subsidi Tahan Gempa

Hal ini membuat seseorang yang berada di dalam ruangan merasa tenang dan nyaman saat beraktivitas.

"Di dalamnya juga terdapat ruang studio dan stage untuk pementasan, yang dilengkapi dengan teknologi termutakhir untuk memastikan hasil berkualitas tinggi pada musik yang diproduksi," kata CEO RSI Group Revano Satria.

Baginya, hal ini menjadi suatu pencapaian untuk dunia arsitektur Indonesia yang lebih baik dan mengaku merasa sangat senang atas penghargaan yang diterima.

"Memenangkan penghargaan seperti ini adalah momen yang membanggakan, terlebih karya ini berada di kota kelahiran saya Semarang," imbuhnya.

Kabar bahagia ini diterima RSI Group pada tanggal 31 Maret 2023 lalu. Kemudian penjurian dilakukan di London dan melewati tiga tahapan penilaian dari para pakar International Property Award.

Revano menegaskan, pembangunan SMI Building menjadi representasi kreativitas yang dipadukan teknologi hingga menjadi karya yang megah.

Kemenangan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi RSI Group, tetapi juga mendorong semangat untuk terus memberikan dedikasi yang tinggi dalam pekerjaan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com