Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutama Karya Renovasi 45 Sekolah Terdampak Gempa di Cianjur

Kompas.com - 02/11/2023, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) merehbilitasi dan merenovasi 45 bangunan sekolah di Cianjur, Provinsi Jawa Barat, zona 2 yang sempat rusak akibat gempa bumi akhir November 2022 lalu.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, proyek gedung senilai Rp 81,2 miliar ini telah dimulai pembangunannya sejak Desember 2022 yang ditargetkan rampung pada akhir Oktober 2023. Secara keseluruhan, progresnya sudah mencapai 99,93 persen.

Tjahjo mengungkapkan, Hutama Karya melakukan perbaikan pada 6 bangunan TK, 33 bangunan SD, 2 bangunan SMP, 2 bangunan MTS, 1 bangunan MA dan 1 bangunan SMK.

Selain mengerjakan bangunan dan area kelas, Hutama Karya juga menggarap fasilitas penunjang seperti lapangan upacara, lapangan olahraga serta pagar pembatas.

“Dari total yang dikerjakan, sudah 44 bangunan diserahterimakan dan telah difungsikan oleh masing-masing pihak sekolah,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (4/11/2023).

Dalam proyek ini, Hutama Karya melakukan serangkaian pekerjaan yang meliputi arsitektur, struktur, serta Mechanical, Electrical and Plumbing (MEP).

Baca juga: Aset Hutama Karya Tumbuh 24,57 Persen, Totalnya Rp 140,86 Triliun

Selain itu, untuk bangunan rekonstruksi, dilakukan teknik dan inovasi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) yaitu menggunakan struktur panel pra-cetak dan dipasang dengan sistem angkur (teknik untuk menyatukan dua elemen pada bangunan konstruksi).

Melalui teknik tersebut, proses pembangunan dapat diselesaikan lebih cepat serta menghasilkan bangunan yang tahan gempa.

Tjahjo juga menyampaikan, proyek rehabilitasi dan renovasi sekolah yang sebentar lagi akan rampung dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena pendidikan merupakan prioritas bagi setiap anak untuk kembali kepada lingkungan belajar secara kondusif.

Rehabilitasi ini nantinya dapat membantu kurang lebih 6.000 siswa untuk menuntut ilmu dengan layak sekaligus sebagai upaya pemulihan trauma pasca gempa bumi,” tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com