Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Basuki buat Perum Jasa Tirta, Bangun "Smart Water Management"

Kompas.com - 20/02/2024, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan kepada Perum Jasa Tirta (PJT) I untuk mengembangkan smart water management.

Hal ini disampaikannya ketika menghadiri Workshop Hari Ulang Tahun Ke-34 Perum Jasa Tirta I dengan tema "Transformasi BUMN Pengelola Sumber Daya Air yang Berkelanjutan" di Kota Malang, Jawa Timur, Senin (19/2/2024).

Smart water management menggunakan data terkini, sehingga akan memudahkan untuk mengukur kuantitas, kualitas, efisiensi penggunaan air, dan pemantauan keamanan infrastruktur sumber daya air.

Kemudian untuk penanganan risiko bencana alam yang berkaitan dengan air, seperti banjir dan kekeringan.

"Saya bangga dan berterima kasih karena menurut saya PJT I telah mulai mengimplementasikan smart water management dalam transformasinya. Saya juga titip kepada PJT I untuk selalu mengutamakan aspek operasi dan pemeliharaan," katanya, dikutip dari keterangan resmi.

Menteri Basuki turut menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar PJT I dengan spirit Brantas-nya telah membawa PJT I menjadi pengelola sumber daya air yang terkemuka dan menjadi contoh bukan hanya di Indonesia tapi juga di regional ASEAN.

"Spirit Brantas adalah sikap pantang menyerah untuk mengelola sumber daya air dengan baik. Semangat tersebut yang mendasari kepercayaan Pemerintah kepada PJT I dengan penambahan wilayah kerja, bukan hanya di Sungai Brantas, tetapi juga di Sungai Bengawan Solo, Toba Asahan, Serayu Bogowonto, dan Jratunseluna," imbuh Basuki.

Menteri Basuki juga mengapresiasi PJT I yang telah mengembangkan potensi sumber daya air untuk mendukung proses transisi energi.

Salah satunya melalui kerja sama dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dalam pembangunan PLTS Terapung di Waduk Sutami, Kabupaten Malang.

Baca juga: Tanggul Jebol di Demak Kelar Ditutup, Basuki: Tinggal Memperkuat dan Meninggikan

Direktur Utama PJT I Fahmi Hidayat mengatakan, PJT I siap bertransformasi untuk mengelola sumber daya air yang lebih berkualitas, demi meningkatkan akses masyarakat terhadap air.

"Kami berharap tetap dapat mendapat binaan dan dukungan dari Kementerian PUPR agar Perum Jasa Tirta I bisa menjadi lebih baik dan lebih berkembang dalam pelaksanaan tugas yang diamanahkan Pemerintah," tutur Fahmi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com