Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makassar Punya Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik, Ini Fungsinya

Kompas.com - 12/02/2024, 09:24 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya membangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

SPALD-T Kota Makassar dibangun di atas lahan seluas 2,37 hektar yang berlokasi di kawasan Losari, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate.

Pembangunan SPALD-T Kota Makassar merupakan bagian dari Program Metropolitan Sanitation Managemen Investment Project (MSMIP) untuk meningkatkan pelayanan air limbah terpadu di kawasan perkotaan dengan kapasitas 16.000 meter kubik per hari.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap dengan dikembangkannya SPAL skala perkotaan, pencemaran badan air akibat air limbah domestik dapat diminimalisir.

Juga diharapkan infrastruktur ini bisa memberikan nilai tambah berupa air bersih untuk penyiraman taman-taman dan ruang publik kota.

"Tujuan utamanya adalah untuk kualitas lingkungan yang lebih baik, karena permukiman semakin padat maka limbahnya juga bertambah. Jadi harus kita olah dulu sebelum masuk ke badan air," kata Menteri Basuki, dikutip dari keterangan resmi.

Baca juga: Nindya Karya dan KITB Ijab Kabul Paket Jaringan Air Bersih dan Limbah Rp 185 Miliar

Infrastruktur ini dinilai efektif karena menggunakan sistem Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) dengan mereduksi Biological Oxygen Demand, denitrifikasi dan mengurangi nitrogen.

Dengan demikian, efluen yang dihasilkan dapat memenuhi baku mutu sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor. P. 68/MenLHK/Sekjen/Kum.1/8/2016 tentang baku mutu air limbah domestik, antara lain kadar BOD di bawah 30 miligram per liter.

Pengembangan SPALD-T Kota Makassar mulai dikerjakan pada November 2020, meliputi pembangunan 1 unit rumah pompa, jaringan air perpipaan sepanjang 9,6 kilometer, serta pemasangan sambungan rumah dan sambungan area komersil.

Saat ini, SPALD-T Kota Makassar telah selesai konstruksi dan siap beroperasi untuk mendukung layanan sanitasi masyarakat Kota Makassar.

Diharapkan infrastruktur ini tidak hanya dapat melayani 41.000 jiwa masyarakat Kota Makassar, tetapi juga untuk menjaga kualitas air tanah dan air baku hingga menjadi sarana edukasi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu pencemaran lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com