Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Groundbreaking" Pelabuhan Anggrek Tahap I Sisi Laut Dimulai

Kompas.com - 11/02/2024, 09:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) memulai pembangunan Tahap I sisi laut Pelabuhan Anggrek, Gorontalo.

Hal ini ditandai dengan acara groundbreaking yang digelar pada Sabtu (10/2/2024).

 

Pelabuhan Internasional Anggrek merupakan pelabuhan yang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Proses konstruksi tahap 1 ini dilakukan pada sisi laut proyek menyusul sisi darat yang telah dikerjakan sebelumnya.

Momentum ini juga sekaligus menandai transformasi menuju smart green port yang akan menjadi lokomotif pembangunan ekonomi di wilayah Gorontalo.

President Director & Group CEO PT Gobel International serta Direktur Utama AGIT Hiramsyah Shambudi Thaib menuturkan, pelabuhan ini tidak hanya merepresentasikan proyek infrastruktur strategis, tetapi juga komitmen kami terhadap transformasi ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat Gorontalo.

Baca juga: Proyek Dua Pelabuhan di Bangka Dikebut Tujuh Bulan

"Maka dari itu, kami mengajak seluruh warga Gorontalo untuk mari bersama-sama kita bangun masa depan yang lebih baik untuk Gorontalo, hari ini dan untuk generasi yang akan datang," ujar Hiramsyah.

Pembangunan tahap 1 pada sisi laut ini direncanakan akan berlangsung selama tiga tahun, mulai dari tahun 2024 hingga 2026.

Proyek ini bertujuan untuk melakukan konstruksi perpanjangan dermaga, pelebaran dermaga, perkuatan dermaga, instalasi Harbour Mobile Crane (HMC) dan Rubber Tyred Gantry (RTG) Crane, serta perkerasan Container Yard (CY).

Dengan jadwal yang telah ditetapkan, AGIT berharap dapat menyelesaikan proyek ini sesuai dengan target yang telah ditetapkan, memperkuat infrastruktur pelabuhan, dan meningkatkan kapasitas operasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Gorontalo.

Smart green port

Pelabuhan Internasional Anggrek di pesisir utara Sulawesi memiliki potensi besar sebagai pendorong utama dalam percepatan pembangunan Gorontalo, dengan akses mudah ke jalur perdagangan internasional utama.

Baca juga: Ini Rencana Proyek Tol Pontianak-Pelabuhan Kijing, Tinggal Dilelang

Kawasan Gorontalo juga memiliki potensi agribisnis yang kuat dengan produk unggulan pertaniannya.

Dengan nilai investasi sebesar Rp 1,4 triliun, Pelabuhan Internasional Anggrek diharapkan dapat membuka jalan bagi percepatan ekosistem industri di Gorontalo.

Ini dimungkinkan melalui inovasi teknologi yang berkelanjutan dan penyediaan peluang lapangan kerja yang memprioritaskan warga Gorontalo sebagai arah dari pembangunan proyek ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com