Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rencana Proyek Tol Pontianak-Pelabuhan Kijing, Tinggal Dilelang

Kompas.com - 18/01/2024, 17:02 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merencanakan proyek Jalan Tol Pontianak-Pelabuhan Kijing di Provinsi Kalimantan Barat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Zainal Fatah mengatakan, feasibility study (FS) atau studi kelayakan dan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) Tol Pontianak-Pelabuhan Kijing sudah digarap oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Untuk Tol Pontianak-Pelabuhan Kijing, kami memastikan bahwa FS dan Amdalnya sudah dikerjakan di BPJT," ucap Zainal Fatah saat ditemui usai Rapat Kerja (Raker) Komisi V DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Zainal Fatah memperkirakan, panjang jalan tol di sisi barat Pulau Kalimantan tersebut akan mencapai sekitar 90-an kilometer.

"Kalau ada FS, tinggal kapan siap untuk dilelang," imbuh Zainal Fatah.

Namun demikian, Zainal Fatah tidak menyebutkan kapan proyek tersebut ditargetkan mulai dilaksanakan.

Baca juga: Jokowi: Balikpapan-IKN Lewat Tol Hanya 30 Menit

Sebelumnya, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meminta Kementerian PUPR untuk mengembangkan jalan tol di Pulau Kalimantan.

Secara khusus di Kalimantan Barat, Lasarus memberikan usulan pembangunan jalan tol dari Pontianak-Pelabuhan Kijing-Singkawang.

Ini karena kemacetan yang sudah cukup parah terjadi di daerah tersebut, ditambah dengan jumlah penduduk terus bertambah.

"Pontianak itu macetnya sudah parah, enggak ada jalan tol, yang tidak macet kita bikin jalan tol, sehingga ada tol yang rugi, kan itu yang terjadi hari ini," katanya pada kesempatan yang sama.

Kemudian untuk jangka panjang, Lasarus juga meminta Kementerian PUPR untuk membangun jalan tol dari Pontianak ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kalau dalam waktu panjang ya kita mesti bikin dari timur ke barat, dari Pontianak menuju ke Balikpapan, menuju ke IKN, itu kita bisa bangun jalan tol," ujar Lasarus.

Ini akan memudahkan masyarakat dari Pontianak yang hendak menuju IKN, sehingga tidak harus menggunakan pesawat.

"Sekarang orang mesti naik pesawat ke Jakarta dulu, dari Pontianak-Jakarta-Samarinda, enggak ada penerbangan langsung," tukas Lasarus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com