Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Lampung-Aceh Bakal Makin Tersambung Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 15/01/2024, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) terus dikebut agar bisa semakin menghubungkan Provinsi Lampung dengan Provinsi Aceh.

Dengan terus bertambahnya ruas JTTS yang beroperasi, diharapkan dapat mendukung kelancaran mobilitas masyarakat di pulau Sumatera.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, JTTS memiliki total panjang 2.749 km. Dengan panjang koridor utama 1.889 km dan koridor pendukung (sirip) 860 km.

Sejauh ini, ruas jalan tol yang sudah beroperasi sepanjang 596 km, dan ruas jalan tol sepanjang 361 km sedang dalam konstruksi.

"Sisanya, terdapat empat ruas sepanjang 582 km memasuki Rencana Tahap II, lima ruas sepanjang 657 km memasuki Rencana Tahap III, dan enam ruas sepanjang 553 km memasuki Rencana Tahap IV," jelas Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, pada Kamis (11/01/2024).

Baca juga: Tarif Tol di Empat Ruas JTTS Bakal Naik Tahun Ini

Perlu diketahui, untuk menempuh perjalanan dari Lampung ke Aceh atau sebaliknya via JTTS, sejauh ini masyarakat setidaknya akan melintasi 12 ruas tol, yaitu:

  1. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
  2. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung
  3. Tol Kayu Agung-Palembang
  4. Tol Pekanbaru-Dumai
  5. Tol Indrapura-Lima Puluh
  6. Tol Tebing Tinggi-Indrapura
  7. Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Tebing Tinggi-Tanjung Morowa)
  8. Tol Belawan-Medan-Tanjung Morowa (Tanjung Morowa-Tanjung Mulia)
  9. Tol Medan-Binjai (Tanjung Mulia-Binjai)
  10. Tol Binjai-Langsa (Binjai-Stabat)
  11. Tol Sigli-Banda Aceh (Jantho-Blang Bintang dan Blang Bintang-Baitussalam)

Namun pada tahun 2024, jumlah ruas JTTS yang bakal dilintasi masyarakat untuk perjalanan dari Lampung ke Aceh atau sebaliknya berpotensi bertambah.

Pasalnya, Kementerian PUPR menargetkan ada beberapa ruas JTTS koridor utama yang bakal beroperasi, antara lain:

  1. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (sebagian Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, hingga Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar)
  2. Tol Binjai-Langsa Seksi 2 Stabat-Kuala Bingai dan Seksi 3 Kuala Bingai-Tanjung Pura
  3. Tol Kisaran-Indrapura (Seksi 2 Limapuluh-Kisaran)
  4. Tol Padang-Pekanbaru ruas Bangkinang-Pangkalan dan Padang-Sicincin
  5. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 Padang Tidji-Seulimum
  6. Tol Betung-Jambi ruas Bayung Lencir-Tempino

Dari daftar di atas, salah satu ruas yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2024 ialah Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin.

Ruas jalan tol sepanjang 36,6 km tersebut akan menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan, saat ini progres pembebasan lahan Tol Padang-Sicincin telah mencapai 92,6 persen dengan progres konstruksi mencapai 47,22 persen.

"Ditargetkan, Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin dapat selesai dan fungsional pada Juli 2024 sehingga dapat mendukung jalur logistik dan jalur pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian di Provinsi Sumatera Barat dan Riau," tukasnya saat meninjau lokasi proyek Tol Padang-Sicincin pada Kamis (11/01/2024).

Dengan demikian, adanya tambahan ruas JTTS yang akan beroperasi pada tahun 2024 membuat perjalanan Lampung dengan Aceh semakin terhubung dan waktu tempuhnya pun lebih singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com