Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Fungsi Marka Tanda Panah di Jalan Tol

Kompas.com - 15/01/2024, 08:35 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda pengguna jalan tol, pernahkah menemukan marka berbentuk tanda panah yang sengaja digambar di atas perkerasan jalan tol?

Lantas, apa nama dan fungsi marka tersebut?

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu (14/1/2024) marka tersebut bernama speed reducer atau pengurang kecepatan.

Seperti namanya, speed reducer merupakan marka keselamatan yang berfungsi sebagai ilusi mata efek visual agar para pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan.

Selain itu, agar pengguna jalan tol bisa lebih berhati-hati dalam berkendara, sehingga dapat menekan terjadinya kecelakaan.

Baca informasi lengkapnya di sini Marka Tanda Panah di Jalan Tol, Apa Fungsinya?

Pemerintah memberikan bantuan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memudahkan kepemilikan hunian melalui skema rumah subsidi.

Namun pada umumnya, rumah subsidi terletak jauh dari pusat kota, dan kebanyakan tak tercantum di peta Google. Mengapa demikian?

Terkait hal ini, Pengamat Properti yang juga Wakil Ketua Umum Realestat Indonesia (REI) Bambang Ekajaya mengibaratkan lokasi rumah subsidi yang jauh dari pusat kota seperti kembali ke hukum pasar.

"Dengan harga dibatasi dan spesifikasi diatur, otomatis untuk bisa menjaga harga rumah subsidi sesuai batasan harga maksimal dari pemerintah, maka rumah subsidi hanya bisa di bangun di area-area remote yang jauh dari kota" ungkap Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Bambang, untuk mendukung mobilitas penghuni rumah subsidi, diperlukan akses transportasi umum yang memadai.

Baca informasi lengkapnya di sini Kenapa Lokasi Rumah Subsidi Jauh dari Pusat Kota dan Tak Ada di Peta?

Kota Padangsidimpuan merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara, yang dikenal dengan sebutan Kota Salak.

Daerah ini juga menyediakan ratusan pilihan rumah subsidi yang terdaftar dalam Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang).

Bagi Anda yang tengah mencari rumah murah di Kota Padangsidimpuan, berikut sejumlah pilihannya Rumah Murah di Padangsidempuan Cuma Rp 150 Jutaan, Ini Pilihannya (II)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com