Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bangkinang-Koto Kampar Ditargetkan Beroperasi Penuh April 2024

Kompas.com - 12/01/2024, 10:45 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR mendorong penyelesaian Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan sepanjang 101 km, khususnya ruas Tol Bangkinang-Pangkalan sepanjang 61 km.

Sebelumnya, ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Januari 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, saat ini sedang diselesaikan ruas Tol Bangkinang-Pangkalan tahap 1 Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 km.

Dengan progres konstruksi telah mencapai 94,42 persen, ruas Tol Bangkinang-Koto Kampar tersebut ditargetkan selesai konstruksinya dan beroperasi penuh pada April 2024.

"Dengan tersambungnya ruas ini nantinya akan mengintegrasikan antara Kota Pekanbaru, Kota Bangkinang, dan Kecamatan XIII Koto Kampar, di mana terdapat potensi pengembangan kawasan wisata, industri, dan perkebunan," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR pada Jumat (12/01/2024).

Baca juga: Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Bisa Fungsional Juli 2024

Dikatakan Menteri PUPR, ruas tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang akan menghubungkan wilayah Riau dan Sumatera Barat.

Konstruksi ruas Tol Bangkinang-Koto Kampar dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya-PT Hutama Karya dengan biaya investasi senilai Rp 4,83 triliun.

Sebelumnya, ruas tol tersebut juga telah dioperasikan secara fungsional untuk mendukung mobilitas masyarakat pada momen libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Ke depannya, Jalan tol Pekanbaru-Dumai sebagai koridor utama JTTS yang sudah beroperasi akan tersambung dengan siripnya yakni ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan hingga Padang.

Dengan konektivitas yang semakin mantap, koridor Pekanbaru-Padang akan terus tumbuh berkembang dengan basis kegiatan industri perkebunan, pertambangan, dan turunannya.

Termasuk mendorong kegiatan pariwisaya di kawasan pariwisata Candi Muara Takus dan Kelok Sembilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com