Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2023, 17:07 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sejumlah infrastruktur dibangun, IKN Nusantara ditargetkan akan dihuni secara bertahap mulai tahun 2024 mendatang.

Proses pembangunan kota ditargetkan akan rampung pada tahun 2045 atau 21 tahun setelahnya. Pembangunan tahap I berlangsung pada 2022-2024. Sedangkan pembangunan tahap II mulai tahun 2025-2029.

Memasuki tahun 2030, berdasarkan Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara, akan berlangsung pembangunan IKN tahap III yakni mulai 2030-2034.

Baca juga: Ini Rencana Pengembangan IKN Nusantara Periode 2025-2029

Pada periode ini, ditargetkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sudah memiliki sejumlah infrastruktur penting.

Mulai dari sistem angkutan umum massal, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM), pengolahan sampah dan pemenuhan sumber listrik dan energi.

Selain itu, Bendungan Batu Lepek telah beroperasi dan ada penambahan amenitas digital dan perkotaan untuk penerapan solusi kota cerdas di kawasan prioritas.

Selanjutnya, pada tahun 2035, pembangunan IKN akan memasuki tahapan IV. Tahapan ini ditandai dengan dimulainya perkembangan pesat di bidang pendidikan dan kesehatan.

Kedua sektor tersebut dirancang sebagai motor penggerak untuk menumbuhkan sektor ekonomi lain di IKN.

Baca juga: Fitur ATMS Bisa Minimalkan Kemacetan di IKN Nusantara

Perluasan kawasan perkotaan pada tahap ini telah mencapai IKN Utara, terutama pada kawasan yang terhubung langsung dengan IKN Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com