Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2023, 08:50 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melaksanakan groundbreaking proyek The Pakubuwono Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (21/12/2023).

Untuk diketahui, proyek apartemen itu merupakan hasil investasi dari PT Pakubuwono Mandiri Investama.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini peletakan batu pertama groundbreaking The Pakubuwono Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," ujar Jokowi dikutip dari siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dia menyampaikan, pengembangan The Pakubuwono Nusantara berupa dua tower apartemen dengan nilai investasi kurang lebih Rp 1 triliun.

"Hunian apartemen berstandar internasional yang ramah lingkungan, betul-betul ramah lingkungan," katanya.

Baca juga: Jokowi Groundbreaking Proyek Hotel Bintang Tiga dan Restoran di IKN

Menurut Kepala Negara, desain The Pakubuwono Nusantara juga sudah sesuai dengan konsep IKN, yakni bangunan hijau, kawasan hijau, dan ramah lingkungan.

"Tadi di depan saya sampaikan kepada Pak Ridwan Kamil (kurator desain di IKN), 'untuk gambar rencana untuk The Pakubuwono Nusantara ada koreksi Kang Emil?' Beliau menyampaikan nggak ada. Nilainya 9 (dari Kang Emil), kalau saya menilai karena bukan arsitek 10, ini bagus sekali," terangnya.

Jokowi pun mengaku senang dengan pembangunan yang akan dilakukan PT Pakubowono Investama. Karena mereka telah memiliki pengalaman dan reputasi yang baik dalam hal pengembangan apartemen.

"Saya sangat senang sekali karena pembangunan yang akan dilakukan oleh PT Pakubuwono ini di IKN. Karena ini adalah pembangun apartemen berkelas yang saya tahu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com