Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2023, 11:26 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi memulai pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (20/12/2023).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini peletakan batu pertama, groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," ujarnya dikutip dari tayangan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menjelaskan, RSUP merupakan rumah sakit keempat yang sudah mulai dibangun di IKN. Rumah sakit ini khusus menangani masalah jantung dan stroke.

Ada pun sebelumnya telah dimulai pembangunan Rumah Sakit Abdi Waluyo, Rumah Sakit Mayapada, dan Rumah Sakit Hermina.

"Sudah mulai dibangun tiga rumah sakit swasta. Dan hari ini (Rabu) kita groundbreaking lagi untuk Rumah Sakit Umum pusat yang akan dibangun oleh pemerintah," tandasnya.

Baca juga: Rumah Sakit Mayapada IKN Dijamin Hijau, Jokowi: Pasien Cepat Sembuhnya

Menurut dia, proyek rumah sakit di IKN masih akan bertambah lagi. Sebab, ada tiga rumah sakit yang akan dibangun lagi setelah RSUP di IKN.

"Setelah ini sudah ngantre lagi tiga rumah sakit swasta," ucapnya.

Dengan banyaknya jumlah rumah sakit di IKN, Jokowi berharap tidak ada lagi masyarakat yang berobat ke luar negeri.

"Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, ke Singapura, ke Jepang, ke Amerika, untuk kesehatannya. kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia, di Ibu Kota Nusantara khususnya," tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com