Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2023, 16:51 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu kota negara baru, Ibu Kota Nusantara (IKN) segera memiliki rumah sakit.

Hal ini ditandai lewat groundbreaking Rumah Sakit Abdi Waluyo Nusantara yang dilaksanakan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (22/9/2023).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Rumah Sakit Abdi Waluyo Nusantara pagi hari ini secara resmi saya nyatakan dimulai," tutur Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), Sabtu (23/9/2023).

Presiden Jokowi menjelaskan, salah satu fasilitas umum penting bagi warga IKN ini mendapatkan kucuran investasi senilai Rp 2 triliun.

Dengan anggaran tersebut, Rumah Sakit Abdi Waluyo Nusantara nantinya akan memiliki sekitar 400 kamar.

"Tadi disampaikan oleh Dokter Sigit, akan menangani subspesialis. Jadi bukan rumah sakit umum, tapi subspesialis," imbuh Jokowi.

Baca juga: Rumah Menteri di IKN Gunakan PLTS Atap

Dirinya berharap, Rumah Sakit Abdi Waluyo Nusantara tidak hanya menangani pasien yang ada di IKN, tetapi juga bisa menarik pasien-pasien yang berasal dari seluruh Indonesia dan bahkan dari luar negeri.

"Itu yang kita harapkan," harap Jokowi.

Pada hari yang sama, Jokowi juga melakukan groundbreaking National Training Center untuk sepak bola Indonesia.

Pusat pelatihan ini dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektar, yang di dalamnya akan ada delapan lapangan, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara sebesar, tadi sudah disampaikan, Rp 85,6 miliar kepada PSSI Indonesia," ucap Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com