Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2023, 09:48 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi meluncurkan transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (21/12/2023).

Untuk diketahui, transportasi ramah lingkungan yang dimaksud merupakan hasil dari investasi PT Blue Bird Group Tbk.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini transportasi ramah lingkungan Blue Bird Group di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya luncurkan," ujar Jokowi dikutip dari siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Kepala Negara menjelaskan, Blue Bird Group mengembangkan transportasi ramah lingkungan ini dengan nilai investasi Rp 250 miliar.

Penanaman modal itu digunakan untuk pengambangan sistem transportasi yang ramah lingkungan di IKN. Meliputi pengadaan Bus Rapid Transit (BRT) listrik untuk mendukung layanan perkotaan, taksi listrik, mobil rental listrik, dan bus jurusan dari Balikpapan ke IKN

Baca juga: Proyek Apartemen The Pakubuwono di IKN Dimulai, Nilainya Rp 1 Triliun

"Blue Bird Group juga akan melengkapi sarana pendukung yang dikelola secara terintegrasi dengan menggunakan teknologi pintar seperti penyediaan halte, park & ride, depo, dan charging point," terangnya.

Menurut Jokowi, peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di IKN.

Sesuai dengan konsep IKN yang mengusung kawasan hijau, lingkungan hijau, gedung hijau, transportasi hijau, listrik hijau, serta energi hijau.

"Saya sangat mengapresiasi dan menghargai komitmen Blue Bird Group untuk mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN untuk menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com