Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2023, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Proyek pembangunan yang sedang berjalan di Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak hanya bersumber dari APBN.

Terdapat beberapa proyek investasi swasta yang telah dilaksanakan groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama periode September-Desember 2023.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyampaikan, realisasi dana investasi yang berasal dari pihak swasta telah mencapai Rp 31,8 triliun.

"Total dana investasi yang masuk dalam pembangunan IKN telah mencapai Rp 41,4 triliun, dengan jumlah 22 proyek pembangunan untuk investasi swasta sejumlah Rp 31,8 triliun," jelasnya saat mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi IKN, Kamis (21/12/2023).

Baca juga: Mahfud MD: IKN Harus Diteruskan, tapi Pendanaannya Perlu Investor

Dari berbagai proyek investasi swasta yang telah di-groundbreaking, beberapa di antaranya merupakan proyek properti. Berikut daftarnya:

1. Hotel Nusantara

Hotel Nusantara merupakan bagian dari proyek kawasan terpadu besutan Konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) dan telah dilakukan groundbreaking pada 21 September 2023.

Dengan nilai investasi Rp 20 triliun, Konsorsium ASG yang terdiri dari 10 taipan besar yang kerap disebut naga itu akan membangun kawasan terpadu yang mencakup hotel, mal, apartemen, hingga perkantoran.

Khusus mengenai Hotel Nusantara, akan dibangun dengan luas 20.164 meter persegi dan tinggi bangunan mencapai 43,10 meter.

Bangunan hotel yang terdiri dari sembilan lantai ini akan memiliki kamar berjumlah 191 unit dengan enam tipe kamar.

Masing-masing tipe kamarnya adalah premier twin sebanyak 61 unit, premier king 102 unit, junior suite 14 unit, executive suite 12 unit, disable room 1 unit, dan president suite 1 unit.

2. Hotel Vasanta

Hotel Vasanta merupakan proyek hotel bintang lima yang dikembangkan oleh PT Sirius Surya Sentosa (Vasanta Group).

Proyek yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektar ini telah dilaksanakan groundbreaking pada 23 September 2023.

Namun nilai investasi yang digelontorkan Vasanta Group untuk pembangunan Hotel Vasanta di IKN belum diketahui.

3. Superblok Pakuwon Nusantara

Proyek superblok yang berdiri di atas lahan 7,2 hektar ini dikembangkan PT Pakuwon Jati Tbk melalui anak perusahaannya yaitu PT Pakuwon Nusantara Abadi.

Dengan total nilai investasi Rp 5 triliun, Pakuwon Nusantara terdiri dari pusat perbelanjaan (mal), dua apartemen, serta tiga hotel berbintang yang pengelolaannya berduet dengan Marriott International.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com